Pembentukan Pasukan Komcad Penting Bagi Prabowo Menuju Pilpres 2024

Rabu, 13 Oktober 2021 – 10:22 WIB
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (tengah) meninjau kegiatan Latihan Pembulatan Komponen Cadangan di Bandung, Jawa Barat, Senin (27/9/2021). ANTARA/HO-Biro Humas Setjen Kemhan

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menilai pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) TNI AD bisa berpengaruh baik pada tingkat elektabilitas Prabowo Subianto.

Komcad sendiri dibentuk oleh Kementerian Pertahanan yang dipimpin Ketua Umum Partai Gerindra itu.

BACA JUGA: Pasukan Komcad Resmi Dibentuk, Jokowi Minta Siaga Tunggu Panggilan

"Ini kalau bagus di-maintenance di media tentu ada pengaruh sedikit banyaknya. Prabowo terjaga elektabilitasnya salah satunya karena masih punya panggung sebagai menhan," kata Pangi kepada JPNN.com, Selasa (12/10).

Pangi menambahkan pembentukan Komcad bisa berpengaruh baik bagi elektabilitas Prabowo, apabila tersosialisasikan dengan baik ke publik.

BACA JUGA: Per 1 November, Hp Ini tidak Bisa Lagi Pakai WhatsApp, Buruan Cek!

Menjaga tingkat elektabilitas tetap tinggi tentu penting jika Prabowo hendak maju pada Pilpres 2024 mendatang.

"Apalagi Komcad tersosialisasikan ke publik dengan baik, bahwa ini salah satu keberhasilan Prabowo, sehingga publik approval, ratingnya naik," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu.

BACA JUGA: Hasil Survei Capres, Airlangga Ungguli Prabowo Subianto

"Kepuasan, saya pikir punya korelasi linear terhadap insentif elektoral Prabowo. Saya melihat branding dan cukup massif pemberitaannya di media. Sehingga penting pembentukan ini terhadap citra dan kapabilitas Prabowo sebagai menhan," sambung Pangi.

Sebelumnya, pembentukan komponen cadangan merupakan tindak lanjut perintah undang-undang.

Di antaranya UU Nomor 3/2002 tentang Pertahanan Negara dan UU Nomor 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

Kemenhan bersama instansi terkait lainnya pun menggelar sejumlah tahapan mulai dari pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan.

Setidaknya ada 3.103 anggota komponen cadangan yang telah dilantik langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Batujajar, Bandung, Jawa Barat, pada 7 Oktober 2021.

Ribuan orang itu menjalani pelatihan dasar militer di Rindam III/Siliwangi, Rindam IV/Diponegoro, Rindam V Brawijaya, dan Rindam XII/Tanjungpura. (cr1/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menegangkan! Dilempari Batu, Polisi Membalas, Dor Dor, Bripka A dan F Terluka


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler