Pemda Dilibatkan Jaga Inflasi

Senin, 21 Maret 2011 – 15:02 WIB

JAKARTA — Pemerintah tetap optimis bulan Maret ini akan terjadi deflasiKarena itulah, Pemerintah Pusat melalui tim monitoring berupaya menjaga agar inflasi tidak terjadi dengan melibatkan Pemerintah Daerah

BACA JUGA: BMW Bidik 35 Persen



Pada wartawan, Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan, terjadinya deflasi seiring dengan masuknya musim panen dan normalnya harga-harga kebutuhan pokok
Momentum inilah yang harus dijaga, agar tidak terjadi perubahan pada kebijakan moneter dan makro APBN.

‘’Kita yakinkan Pemda, untuk mewaspadai inflasi

BACA JUGA: Promosi Wisata Banting Setir

Karena inflasi itu juga gabungan dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia
Jadi ini bukan hanya soal nasional, karena 77 persen inflasi itu ditentukan daerah luar Jakarta,’’ kata Darmin pada wartawan di Jakarta, Senin  (21/3).

Keterlibatan Pemda kata Darmin sangat penting, karena setiap kebijakan di tingkat pusat diharapkan berjalan hingga ke tingkat daerah

BACA JUGA: Pemerintah Jamin APBN Tak Jebol

Khususnya memastikan, produksi sentra-sentra pertanian untuk memenuhi stok ketahanan pangan.

Menteri koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan sangat optimis Maret ini akan terjadi deflasiKarena itu, antara tim pengendalian inflasi pusat harus bekerjasama dengan tim pengendalian inflasi di tingkat daerah.

‘’Kita monitoring bukan hanya di tingkat Provinsi, tapi juga per KabupatenMisalnya ada gejolak karena gangguan transportasi, yang bisa menghambat pasokan maka antisipasinya bisa cepat,’’ kata Hatta.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan, deflasi pada Maret bisa tercatat 0,14 persenDengan penurunan harga beras termasuk harga cabe, diharapkan deflasi bisa lebih baik lagi.

‘’Kalaupun ada ada inflasi, saya kira tidak akan terlalu tinggi dari Februari yang 0,13 persenKarena harga-harga pokok cenderung menurun,’’ kata Rusman optimis.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tsunami Jepang tak Pengaruhi Pasar Toyota


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler