Pemerintah Gencarkan Lobi demi Jadi Anggota DK PBB

Selasa, 19 September 2017 – 21:00 WIB
PBB. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus menggencarkan lobi ke negara-negera anggota PBB untuk bisa masuk sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan.

"Yang kita lakukan sekarang adalah mencari dukungan-dukungan. Pak wapres di New York juga menggalang dukungan. Kita ingin meyakinkan negara-negara bahwa kita adalah mitra untuk perdamaian," ucap Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) AM Fachir di kompleks Istana Negara Jakarta, Selasa (19/9).

BACA JUGA: Percayalah, Sanksi Hanya Akan Membuat Korut Semakin Nekat

Pejabat kelahiran Banjarmasin ini pun berharap, komitmen pemerintah untuk menciptakan perdamaian dan keamanan dunia bisa menjadi pertimbangan negara-negara di dunia mendukung Indonesia masuk DK PBB.

Upaya-upaya yang telah dilakukan Indonesia menurut Fachir, antara lain terlibat dalam mengirim pasukan perdamaian. Bahkan, pasukan Indonesia termasuk kedelapan terbesar di dunia.

BACA JUGA: Korut Dilarang Berdagang, Asia Bersorak Senang

"Kita kedelapan terbesar pasukan perdamaian. Itu wujud nyata dari kita ikut berkontribusi. Selain itu ya isu-isu keamanan global itu akan menjadi isu yang kita ikut berkontribusi mencarikan solusinya," jelas Fachir.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Semakin Berat, Ini Sanksi Terbaru PBB untuk Korut

BACA ARTIKEL LAINNYA... AS Batal Usulkan Pembekuan Harta Kim Jong Un, Takut Ya?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler