Pemerintah Harus Berpartisipasi Penuhi Hak Informasi Perokok Dewasa

Minggu, 18 April 2021 – 20:50 WIB
Ilustrasi. Rokok elektrik/vape. Foto Drake

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Konsumen Vape Indonesia (AKVINDO) mendesak pemerintah untuk mensosialisasikan informasi yang tepat mengenai produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL).

Pasalnya, minimnya informasi akurat mengenai produk HPTL menjadi salah satu penyebab belum terpenuhinya hak konsumen, terutama perokok dewasa, di Indonesia.

BACA JUGA: Produk HPTL Membantu Pemerintah Mengatasi Masalah Rokok

Ketua AKVINDO Paido Siahaan mengatakan, perokok dewasa memiliki hak dan perlu memperoleh informasi serta akses ke produk tembakau yang memiliki risiko lebih rendah daripada rokok.

Hal itu karena berkembangnya opini keliru di masyarakat tentang produk HPTL.

BACA JUGA: Pesan Untuk Hotma Sitompoel, Hotman Paris: Contohlah Saya!

Faktanya, berdasarkan hasil kajian ilmiah, produk HPTL memiliki risiko yang jauh lebih rendah daripada rokok.

“Kami ingin berjuang bersama-sama agar masyarakat, khususnya perokok dewasa, agar mereka mendapatkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Seharusnya informasi yang beredar itu berdasarkan hasil kajian ilmiah, sehingga memiliki bukti yang vaild,” kata Paido. 

BACA JUGA: Sunan Kalijaga: Belum Tahu Siapa Saya, sok Gaya Preman Sama Gue

Paido menambahkan maraknya opini yang keliru itu lantaran belum banyaknya kajian ilmiah mengenai produk HPTL yang diinisiasi oleh pemerintah.

Oleh karena itu, pemerintah diharapkan bisa berpartisipasi aktif dengan melibatkan para pemangku kepentingan terkait, seperti peneliti, akademisi, dan asosiasi, untuk menginisiasi kajian ilmiah mengenai produk HPTL.

“Sudah saatnya pemerintah ikut serta dengan diawali melakukan kajian ilmiah produk HPTL. Karena ini juga masuk ranah sains, kami juga berharap para peneliti dan akademisi untuk ikut serta menganalisis hasil kajian ilmiah terhadap isu ini,” terang Paido.

Selain itu, Paido berharap pemerintah bisa mempelajari kebijakan Pemerintah Inggris yang secara aktif melakukan sosialisasi informasi yang akurat megenai produk HPTL dan mendukung penggunaannya untuk mengurangi jumlah perokok di Inggris. 

Sebagai contoh, Badan Layanan Kesehatan Nasional Inggris (The National Health Service/NHS) menyatakan penggunaan rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan bisa membantu perokok dewasa untuk beralih dari rokok.

“Kami, sebagai asosiasi konsumen, meminta pemerintah memenuhi hak kami. Jangan batasi hak konsumen, khususnya perokok dewasa, untuk memperoleh informasi yang akurat dan akses ke produk tembakau lebih rendah risiko. Sehingga, produk HPTL dapat digunakan sesuai potensi manfaatnya,” tukas Paido.(chi/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peringati World Food Travel Day, Omar Niode Foundation Angkat Kuliner Wallacea


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler