Pemerintah Harus Manfaatkan Lebaran untuk Tingkatkan Ekonomi

Jumat, 08 Juni 2018 – 21:57 WIB
Calon penumpang Pesawat sudah mulai memadati pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (9/6). Arus mudik penumpang ini akan terus meningkat. Foto: cecep.m/batampos/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Presidium Nasional KAHMI Kamrussamad meminta pemerintah bekerja keras menjaga investasi lokal dengan memanfaatkan Lebaran untuk meningkatkan ekonomi daerah.

Kamrussamad mengatakan, pemerintah perlu menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik dengan meningkatkan kualitas layanan sarana dan prasarana pendukung kegiatan ekonomi.

BACA JUGA: Sebelum Mudik, Awak Bus Wajib Periksa Kesehatan

"Seperti pasar, pertokoan, pujasera dan jalan perlu terus ditingkatkan. Serta kalangan swasta dalam mendukung penyelenggaraan berbagai event atau media promosi daerah yang menyebar di berbagai pusat-pusat keramaian atau tempat-tempat wisata yang menjadi tujuan para pemudik," kata Kamrussamad dalam keterangan yang diterima, Jumat (8/5).

Menurut Kamrussamad, momen Idulfitri harus bisa menggerakkan ekonomi sektor riil di daerah-daerah yang menjadi tujuan pemudik.

BACA JUGA: Bupati Cantik Ingatkan Mobil Dinas Tak Dibawa Mudik

Pendapatan masyarakat yang biasanya terakumulasi di kota, bakal mengalir ke daerah-daerah.

Dari data yang didapatkan Kamrussamad, angka pemudik pada 2017 mencapai 30 juta orang, sehingga ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 27 juta pemudik.

BACA JUGA: Sambut Mudik, Citilink Terbang Perdana ke Bandara Kertajati

Dengan demikian, redistribusi pendapatan hasil aktivitas para pemudik pada momen Lebaran sekitar Rp 90 triliun.

“Dana itu mengalir dari pembayaran zakat, transportasi, konsumsi, belanja dan yang lainnya,” kata pendiri KAHMIpreneur ini.

Kamrussamad juga mengharapkan dalam momen mudik ini ada proses transfer keilmuan tentang jiwa kewirausahaan kaum urban selama ini.

Menurutnya, hal itu akan menciptakan iklim kompetisi baru untuk melahirkan kemandirian ekonomi kepada keluarga di desa.

"Itu bisa menjadi redistribusi aset pendapatan dan redistribusi pengetahuan entrepreneur," kata dia.

Selain itu, meningkatnya arus mudik dan adanya jaminan pelayanan optimal transportasi mudik dinilai bakal membawa perekonomian daerah akan membaik.

Hal itu juga meningkatnya transaksi perdagangan di seluruh tanah air dengan bertambah besarnya peredaran uang.

Dia juga berharap kesadaran pemudik harus ditingkatkan untuk menumbuhkan investasi di daerah masing-masing melalui peningkatan investasi sebagian dana yang dibawa ke desa untuk kegiatan-kegiatan produktif di sektor UMKM, industri rumahan, peternakan.

“Jadi sebenarnya momen mudik bisa dimanfaatkan untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi lokal,” pungkas Kamrussamad. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saat Mudik Bermasalah, Adukan ke #KenalLapor!saatmudik


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler