Pemerintah Juga Harus Sosialisasi Empat Pilar MPR

Sabtu, 05 Agustus 2017 – 20:52 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid saat menghadiri acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang diselenggarakan oleh MPR bekerjasama dengan pengurus Yayasan Komunitas Insan Kreatif (KOMUNIKA) di Magelang. Foto: Istimewa

jpnn.com, MAGELANG - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyampaikan bahwa sosialisasi Empat Pilar MPR RI dilaksanakan untuk implementasi perintah UU.

Yaitu UU No. 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD menugaskan pimpinan MPR untuk menyosialisasikan Pancasila, UUD NRI tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA: Zulkifli Hasan: Kalau Tidak Ngerti Islam, Hati-hati Ngomong Mengenai Islam

Dengan salah satu tujuannya adalah untuk merespons aspirasi dari masyarakat.

Hidayat Nur Wahid mengatakan MPR tidak mungkin sendiri dalam melakukan sosialisasi sebab jumlah anggota MPR terbatas.

BACA JUGA: Yakinlah... Ulama Tak Akan Mengganti Pancasila, Nih Buktinya

Selain itu disibukan oleh aktivitasnya di DPR dan DPD sebab anggota MPR adalah anggota DPR dan DPD.

Di kedua lembaga itu, menurut Hidayat sangat luar biasa kesibukannya padahal yang perlu disosialisasikan adalah hal-hal yang mendasar.

BACA JUGA: Umat Islam Ingin Ganti Pancasila? Ketua MPR: Itu Gombal

Hidayat Nur Wahid mengungkapkan sejak dirinya menjadi Ketua MPR periode 2004-2009, sosialisasi ini sudah dilakukan.

Pada saat itu namanya sosialisasi Putusan MPR, kemudian periode 2009-2014 menjadi Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tetapi setelah ada keputusan MK kini namanya Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Hidayat berharap agar dalam sosialisasi ini pemerintah mengambil peran yang besar sebab jaring-jaring kekuasaan pemerintah hingga sampai daerah, sedangkan anggota MPR jumlahnya terbatas.

Perlunya keterlibatan pemerintah dalam menyosialisasikan Pancasila, keinginan itu telah disampaikan MPR kepada Presiden SBY dan Presiden Jokowi.

Saat ini Hidayat mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang telah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP).

Lembaga ini membantu Presiden dalam pemantapan Pancasila. "Allhamdulilah telah terbentuk unit kerja itu,” ujarnya.

Pernyataan itu disampaikan Hidayat saat membuka dan menjadi narasumber acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang diselenggarakan oleh MPR bekerjasama dengan pengurus Yayasan Komunitas Insan Kreatif (KOMUNIKA) di Syailendra Convention Hall, Hotel Borobudur Indah, Kota Magelang, Sabtu (5/8).

Kegiatan itu dihadiri juga oleh anggota MPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera, Muhammad Rizal, Kepala Biro Pimpinan MPR RI dan 400 peserta sosialisasi dari Yayasan Komunitas Insan Kreatif.

Dalam sosialisasi yang dihadiri ratusan pelajar dan mahasiswa tersebut, Hidayat memaparkan sejarah dalam proses lahirnya Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pada saat ini banyak terjadi penyimpangan terhadap nilai-nilai luhur Pancasila yang menyebabkan terjadinya kegaduhan politik.

Untuk itu dia berharap generasi muda yang terhimpun dalam Yayasan KOMUNIKA untuk mempertahankan Pancasila dengan serius.

“Penting sekali kaum muda untuk merealisasikan Pancasila,” agar dapat memperjuangkan keutuhan NKRI," pungkas Hidayat. (adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua MPR: Matahari Tak Pernah Ingkar Janji


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
MPR  

Terpopuler