Pemerintah Siapkan Lahan 500 Hektar untuk Olimpiade 2036 di IKN Nusantara

Sabtu, 19 November 2022 – 04:32 WIB
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. Foto: Muhammad Naufal/JPNN.com

jpnn.com - Indonesia optimistis menjadi tuan rumah Olimpiade di IKN Nusantara pada 2036 mendatang.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menyebut IKN memiliki peluang meski penyelenggaraan sebelumnya diadakan di Brisbane, Australia.

BACA JUGA: Bang Okto Sebut KOI Bakal Libatkan IOC untuk Bangun Fasilitas Olimpiade 2036

Maklum, pada awalnya banyak pihak meragukan rencana tersebut mengingat tuan rumah Olimpiade 2034 berada di wilayah Asia-Oceania. Biasanya, tuan rumah Olimpiade akan berpindah ke luar kawasan sebelumnya.

"Dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade nantinya tidak lagi melakukan pendekatan beauty contest seperti dulu. Saat ini dengan pendekatan dialog."

BACA JUGA: Pengamat Tanggapi Kesiapan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

"Bisa dipastikan Indonesia dan Australia berbeda kawasan. Apabila nantinya ada jatah regional, Indonesia bisa mencalonkan diri," ungkap Okto saat ditemui di kawasan Senayan, Jumat (18/11/2022).

Okto sendiri saat ini tengah berkoordinasi dengan beberapa pihak mulai dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mempersiapkan diri bersaing bersama negara-negara, seperti Mesir, Inggris, Qatar, hingga Turki yang berminat untuk bidding Olimpiade.

BACA JUGA: Rano Karno Sebut Erick Thohir Paling Siap Ditugaskan untuk Kawal Olimpiade 2036

Meski belum ada infrastruktur olahraga yang dibangun di IKN Nusantara, pihak NOC telah membuat beberapa konsep untuk menyambut pesta akbar olahraga dunia tersebut.

"Pemerintah sudah menyiapkan sekitar 500 ribu hektar untuk membangun infrastruktur menyambut Olimpiade. Saya rasa hal itu cukup untuk menyakinkan IOC."

"Kami akan berkoordinasi dengan IOC untuk mempersiapkan semuanya untuk menghindari membengkaknya dana," tambah pria berusia 47 tahun itu.

Melihat beberapa event megah seperti Asian Games 2018 bisa berjalan dengan meriah di Indonesia, bukan tidak mungkin olimpiade musim panas tersebut bisa terselenggara di Tanah Air.

Ketua IOC sendirim Thomas Bach terpikat dengan wacana pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 itu.

Rencananya, pengumuman tuan rumah Olimpiade 2036 akan berlangsung setelah penyelenggaraan Olimpiade 2024 mendatang di Paris, Prancis.(mcr16/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler