Pemprov Jateng Terus Memperkuat Koordinasi untuk Mengantisipasi Kerawan Pilkada 2024

Selasa, 04 Juni 2024 – 20:45 WIB
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat menerima kunjungan Komisi II DPR di Kantor Gubernur Jateng, Rabu (4/6). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) bergerak cepat mengantisipasi kerawanan dalam tahapan Pilkada Serentak 2024.

Pemerintahan yang dipimpin Penjabat Gubernur Nana Sudjana itu terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak. Menurut Nana, salah satu upaya mitigasi ialah koordinasi antara Pemprov Jateng, KPU Jateng, Bawaslu Jateng, TNI dan Kejaksaan Tinggi Jateng.

BACA JUGA: Gibran Mengaku Pantau Pergerakan PDIP untuk Pilkada Solo, Soal Apa?

"Kami maksimal dalam mengawal dan menyukseskan pemilu ini, sehingga butuh peningkatan sinergisitas di antara kami,” kata Nana Sudjana saat menerima kunjungan Komisi II DPR RI di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (4/6).

Nana mengatakan bahwa potensi kerawanan dalam penyelenggaraan pilkada beragam. Mulai dari kompetisi antarpapol pendukung sangat intensif, hoaks, hate speech, politik uang, hingga netralitas aparatur sipil negara. "Untuk pilkada, saya kira lebih rawan dibandingkan pilpres," ungkap mantan Kapolda Metro Jaya, itu.

BACA JUGA: Nana Sudjana Lantik Anak Buahnya Jadi Pj Bupati Banjarnegara, Beri Pesan Penting

Oleh karena itu, lanjut Nana, diperlukan keterlibatan tokoh agam dan masyarakat untuk mengantisipasi konflik antarkelompok pendukung.

Selain itu, Nana melanjutkan, perlu pula meningkatkan koordinasi dan konsolidasi dengan instansi terkait, yang tujuannya menjaga situasi kondusif, kelancaran serta ketertiban wilayah selama pemilu. "Kami juga merangkul forum-forum (warga) supaya mampu menjaga situasi kondusif wilayah," kata Nana.

BACA JUGA: Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov Jateng Menggandeng Pengusaha

Adapun pemantauan dan inventarisasi permasalahan selama tahapan pilkada ini juga dilakukan melalui Desk Pilkada yang melibatkan instansi vertikal. Desk Pilkada tingkat provinsi sampai kabupaten/kota juga sudah dibentuk.

"Posko Pilkada juga sudah disiapkan. Di kabupaten/kota juga sudah membuat," ungkap Nana.

Lebih lanjut Nana pun mengungkap bahwa untuk mengawal dan mengamankan Pilkada Serentak 2024 di Jawa Tengah, Pemprov Jateng sudah menyiapkan Satlinmas. Pasca-Pemilu 2024 pada Februari lalu, sudah ada 97.291 anggota Satlinmas yang mengikuti pelatihan.

Jumlah itu nanti masih akan bertambah sesuai dengan kebutuhan KPU.

Hal itu mengingat jumlah TPS yang diperkirakan akan digunakan untuk Pilkada di Jawa Tengah sebanyak 58.677.

"Kami terus lakukan pengecekan dan koordinasi dengan KPU terkait kebutuhan personel Satlinmas di masing-masing TPS," kata Nana Sudjana. (*/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler