Pencuri Sepeda Mewah Ini Akhirnya Ditangkap, Pelakunya Ternyata

Kamis, 03 September 2020 – 21:47 WIB
Barang bukti sepeda berharga jutaan sampai ratusan juta yang disita dari sindikat pelaku. Foto: Hendrik/Pojoksatu

jpnn.com, TANGSEL - Polisi akhirnya meringkus tiga pelaku spesialis pencurian sepeda mewah di wilayah Tangerang Selatan diringkus.

Peristiwa yang sempat viral di media sosial itu terjadi di kawasan perumahan mewah Bintaro, Pondok Aren, Tangsel, pada 11 Juli 2020.

BACA JUGA: Bripka Adhi Pradana Meregang Nyawa Ditusuk, Kondisinya Mengenaskan

Aksi pelaku spesialis pencurian tersebut terekam CCTV di mana pelaku terlihat tengah membawa sepeda seharga ratusan juta.

Berbekal rekaman tersebut, polisi kemudian mengejar keberadaan para pelaku.

BACA JUGA: Diduga Gelapkan Uang Sebesar Rp1,7 Miliar, Oknum Polisi DS Dilaporkan ke Polda

Ternyata, pelaku tak beraksi sendirian, kesemuanya tergabung dalam sebuah sindikat dan bahkan telah melancarkan aksinya sebanyak 17 kali untuk pencurian tersebut.

Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan mengatakan, rekaman CCTV itu menjadi petunjuk pihaknya mengenali ciri-ciri pelaku.

BACA JUGA: Wanita Muda Tak Rela Sepeda Motornya Dirampas Dua Begal Sadis, Begini Akhirnya

Namun, di tengah penyelidikan itu tersebut, polisi justru kembali mendapatkan laporan adanya pencurian sepeda di perumahan mewah lainnya di kawasan Ciputat, Tangsel, pada 29 Juli 2020.

“Kemudian kami melakukan tangkap tangan terhadap pelaku Edward Samofo dan Tri Sukistyo yang saat itu telah membawa satu unit sepeda. Dari pelaku tersebut kemudian kami kembangkan sindikat pencurian sepeda di wilayah Tangsel,” ujar Iman, Kamis (3/9/2020).

Berdasarkan pengakuan pelaku, polisi mendapatkan fakta keduanya melakukan aksi serupa bersama Sugeng Anjari, pelaku yang membawa kabur sepeda ratusan juta.

Polisi pun kemudian membekuk Sugeng Anjari di tempat persembunyiannya di Desa Kedodong, Susukan, Cirebon, pada 11 Agustus 2020.

Sedangkan satu pelaku lainnya berinisial R, yang beraksi bersama Sugeng masih dalam pengejaran.

Iman menuturkan sebelumnya ketiga pelaku yang tergabung dalam pencurian sepeda ini merupakan residivis dalam kasus pencurian sepeda motor.

“Karena melihat bahwa masyarakat saat ini sedang menggemari olahraga sepeda, banyak sepeda. Dia beralih karena melihat peluang untuk mencuri sepeda,” kata Iman.

Barang bukti sepeda berharga jutaan sampai ratusan juta yang disita dari sindikat pelaku. Foto: Hendrik/PojokBanten.com
Selama Juli 2020, para pelaku pencurian tersebut telah beraksi belasan kali di wilayah Tangsel.

“Akhirnya diketahui bahwa sindikat ini telah melakukan 17 kali pencurian sepeda di kluster dan perumahan di Tangsel,” jelasnya.

BACA JUGA: Suami Bawa Istri ke Rumah Sakit Usai Babak Belur Dianiaya, tetapi sudah Terlambat

Ketiga pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara.(hen/pojoksatu)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler