Pendaftaran CPNS 2024: 338 Formasi Disediakan Pemkot Pontianak, Tenaga Teknis Paling Banyak

Senin, 19 Agustus 2024 – 21:50 WIB
Pendaftaran CPNS 2024 dibuka mulai 20 Agustus. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), mengumumkan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024, Senin (19/8). 

Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengatakan bahwa pengumuman formasi CPNS sudah bisa diakses di website resmi Pemkot Pontianak (https://pontianak.go.id) mulai 19 Agustus 2024.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2024 di Portal SSCASN BKN Tidak Serentak, Pelamar Harap Maklum

Menurut dia, pengumuman itu memuat informasi, antara lain, jumlah formasi persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan lainnya. 

“Hari ini penerimaan CPNS sudah mulai diumumkan. Untuk penerimaan CPNS tahun ini jumlahnya cukup banyak, yakni 388 formasi," kata Ani Sofian di Pontianak, Senin (19/8). 

BACA JUGA: Dirjen Nunuk Pastikan Guru PPPK Memenuhi Syarat Bisa Diangkat Kepsek & Pengawas

Ani memerinci formasi itu terdiri dari tenaga teknis, 327 dan tenaga kesehatan 61. 

Menurut Ani, penerimaan CPNS ini tidak hanya terbuka untuk umum, tetapi juga bisa dilamar oleh pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Ketentuannya, yakni masa perjanjian kerja minimal satu tahun dan mendapat izin dari pejabat pembina kepegawaian (PPK) di instansi bersangkutan.

BACA JUGA: Info Penting bagi PPPK Ikut Mendaftar CPNS 2024, soal Tenggat Waktu Persetujuan PPK

“Pendaftarannya dimulai besok, Selasa 20 Agustus sampai dengan 6 September 2024,” kata Ani Sofian.

Dia menambahkan setelah proses penerimaan CPNS ini selesai, akan dilanjutkan dengan PPPK. 

Hal itu selaras dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, yang menyebutkan bahwa sampai dengan 31 Desember 2024 ini seluruh tenaga kontrak harus diberhentikan.

Dia mengimbau kepada seluruh tenaga kontrak agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, dan mulai mempersiapkan diri untuk belajar supaya bisa lulus PPPK.

“Tidak ada istilah bantu-membantu, yang bisa membantu kita lulus itu adalah diri kita masing-masing. Siapkan diri masing-masing dalam menghadapi seleksi penerimaan pegawai yang sudah disiapkan pemerintah sesuai dengan formasinya,” kata dia. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler