Pendaftaran PPPK 2024 & CPNS Tidak Mungkin Juli, Begini Penjelasannya

Sabtu, 27 Juli 2024 – 07:05 WIB
Seluruh honorer bisa daftar seleksi PPPK 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA –Plt. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) KemenPAN-RB Aba Subagja memastikan bahwa pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024 akan segera dibuka sesuai rencana.

Aba Subagja mengatakan bahwa jadwal pembukaan pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024 tidak akan molor hingga tahun depan.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024 & CPNS Sebentar Lagi, Beragam Isu Panas Menanti

"Sampai saat ini timeline-nya masih tetap Juli-Agustus. Tidak diundur tahun 2025," kata Aba kepada JPNN.com, Kamis (25/7).

Nah, melihat perkembangan terbaru, di mana PP Manajemen ASN dan PermenPANRB tentang Pengadaan PPPK 2024 juga belum diterbitkan, rasa-rasanya mustahil pendaftaran dibuka Juli.

BACA JUGA: Sudah Ada Kepastian Pendaftaran PPPK 2024 & CPNS, Alhamdulillah

Pasalnya, kalender Juli tinggal menyisakan beberapa hari lagi.

Kalau toh Senin 29 Juli terbit PermenPAN-RB dan surat edaran pembukaan seleksi PPPK 2024 dan CPNS 2024, tahapannya juga tidak langsung masa pendaftaran.

BACA JUGA: Pemda Kaya, Seluruh Guru Honorer Diangkat 2024, tetapi Bukan PPPK

Masing-masing instansi harus menyusun perincian formasi yang dibuka dan diumumkan kepada khalayak.

Jika sudah klir, masih harus di-upload ke sistem SSCASN BKN. Sehingga, ketika pendaftaran PPPK 2024 dibuka, sudah terpampang perincian lowongan formasi.

Dengan demikian, paling cepat pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024 kemungkinan baru dibuka Agustus mendatang.

Perkiraan tersebut juga disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Wahyu Destiawan.

Wahyu mengatakan, Pemkab Rejang Lebong saat ini tengah menyiapkan pelaksanaan seleksi PPPK dan CPNS Daerah.

Dia menyebutkan, pada seleksi CASN 2024, Rejang Lebong emndapat jatah sebanyak 1.550 formasi, dengan perincian 1.500 formasi PPPK dan 50 CPNS.

"Saat ini masih dalam persiapan, kita masih menunggu pemberitahuan resmi dari BKN pusat. Kalau melihat dari tahun-tahun sebelumnya itu dilaksanakan bulan Agustus nanti, jika sudah turun akan segera kami umumkan," kata dia di Rejang Lebong, Kamis (26/7).

Untuk kuota PPPK 2024 Rejang Lebong terdiri dari formasi tenaga pendidik sebanyak 385 formasi, kemudian tenaga kesehatan sebanyak 265 formasi tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sebanyak 850 formasi.

Sedangkan untuk kuota seleksi CPNSD sebanyak 50 formasi terdiri dari 30 formasi tenaga teknis dan 20 formasi tenaga kesehatan.

Pelaksanaan seleksi PPPK dan CPNSD akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan di BKN Bengkulu. (antara/sam/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler