Sudah Ada Kepastian Pendaftaran PPPK 2024 & CPNS, Alhamdulillah

Jumat, 26 Juli 2024 – 07:30 WIB
Menteri PANRB Azwar Anas mengatakan Rancangan PP Manajemen ASN sudah hampir final. Semoga pendaftaran PPPK 2024 segera dibuka. Ilustrasi Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com - JAKARTA – Pejabat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan info terbaru seputar pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024.

Sebelumnya, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pembahasan Rancangan PP Manajemen ASN saat ini menuju titik akhir.

BACA JUGA: Pemda Kaya, Seluruh Guru Honorer Diangkat 2024, tetapi Bukan PPPK

Diketahui, PP Manajemen ASN yang ditunggu jutaan honorer hingga akhir Juli ini belum juga diterbitkan alias molor dari tenggat waktu yang ditetapkan UU Nomor 20 Tahun 2023, yakni April 2024.

Perkembangan terkini, setelah Kementerian PANRB bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan uji publik di sejumlah daerah, Rancangan PP Manajemen ASN saat ini sudah siap diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk proses harmonisasi.

BACA JUGA: Jenis PPPK Makin Jelas, tetapi Kriteria Masih Kabur, Jutaan Honorer Harus Siap

“Draft RPP Manajemen ASN hasil uji publik sudah difinalisasi dan dilakukan pengayaan substansi. Selanjutnya akan diajukan harmonisasi sebelum nantinya ditetapkan oleh Presiden dan PP diundangkan,” ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Selasa (23/7), dikutip dari keterangan Humas KemenPAN-RB.

Perlu diketahui bahwa salah satu substansi PP Manajemen ASN ialah mengenai penataan non-ASN, yang berkaitan dengan pengangkatan honorer jadi PPPK.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024 Belum Jelas, Menunggu Banyak Honorer Pensiun? Oh

Selain PP Manajemen ASN, regulasi yang ditunggu para honorer dan fresh graduate ialah PermenPAN-RB yang mengatur hal teknis pengadaan CASN 2024.

Kemungkinan besar, nantinya akan ada PermenPANRB tentang pengadaan PPPK 2024 dan PermenPANRB tentang pengadaan CPNS 2024.

Ada juga PermenPANRB tentang pengadaan PPPK guru 2024.

Nah, terkait PermenPAN-RB tentang pengadaan CASN 2024, Plt. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) KemenPAN-RB Aba Subagja menyampaikan kabar terbaru.

Rancangan PermenPAN-RB yang dinantikan jutaan honorer yang mengincar kursi PPPK dan fresh graduate yang ingin mengadu peruntungan berebut status CPNS, sebentar lagi diterbitkan.

Aba menyampaikan bahwa PermenPAN-RB saat ini sudah ada di Kemenkumham untuk proses pengundangan.

"PermenPAN-RB pengadaan CPNS 2024 dan PPPK 2024 proses pengundangan," kata Aba Subagja kepada JPNN.com, Kamis (25/7).

Sudah pasti, pernyataan Aba tersebut menjadi pertanda bahwa pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 akan segera dibuka.

Aba juga memastikan bahwa rencana pembukaan pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024 tidak akan molor.

"Sampai saat ini timeline-nya masih tetap Juli-Agustus. Tidak diundur tahun 2025," kata Aba kepada JPNN.com, Kamis (25/7).

Dia juga mengimbau para honorer untuk mempersiapkan diri menjelang pendaftaran PPPK 2024. (sam/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler