Penderita HIV/AIDS Meningkat

Senin, 06 Juni 2011 – 08:51 WIB

MAJALENGKA – Penderita virus mematikan Human Immunodeficiency Virus (HIV) AIDS di Majalengka terus meningkatDari data yang terhimpun di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka, tercatat 36 warga positif menderita penyakit ini.

Kepala Dinkes Majalengka, dr Maman S Gani MARS melalui Kasi P2M dr Huda Ginandjar MEpid mengatakan, jumlah tersebut mengalami peningkatan dari catatan Dinkes tahun lalu yang hanya 30 orang

BACA JUGA: 40 Ribu Kendaraan Tinggalkan Bandung

"Ke-36 penderita tersebut termasuk tambahan 6 penderita baru yang berasal dari TKW overstay yang baru dipulangkan ke tanah air dari Arab Saudi awal Mei lalu," ujarnya.

Menurutnya, jumlah penderita HIV/AIDS diperkirakan lebih banyak di lapangan dan diprediksi akan terus bertambah
Hal itu disebabkan dalam dua tahun terakhir pihaknya belum melakukan pendataan ulang, karena tidak adanya anggaran.

Padahal, seharusnya Dinkes rutin melakukan pemeriksaan dan pendataan penderita HIV/AIDS yang biasanya tersentralisasi pada tempat-tempat prostitusi terselubung, agar penyebaran penyakit ini bisa diminimalisasi.

Meski demikian, pihaknya berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik lewat media, secara langsung, dan berencana akan terus menggelar survei di komunitas tinggi, misalnya dengan melakukan talkshow di radio-radio, melakukan penyuluhan bahaya narkoba kepada para siswa dan para pekerja di sejumlah pabrik yang memiliki banyak karyawan, seperti di Pabrik Gula (PG) Jatitujuh.

Menurutnya, penekanan meluasnya dampak HIV/AIDS juga dilakukan dengan cara kerjasama lintas sektoral, seperti dengan Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Dinsosnakertrans), serta beberapa organisasi dan elemen masyarakat

BACA JUGA: Judi Marak, MUI Instruksikan Ormas Islam Bergerak

BACA JUGA: Konsentrasi Gas Beracun Terus Naik

(azs)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pembangunan Gardu Induk PLTU Terancam Batal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler