Pengakuan Jujur Fikri Soal PAN Tak Lagi Memprioritaskan Zulkifli Hasan, Begini

Selasa, 28 Februari 2023 – 22:00 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Fikri Yasin saat ditemui wartawan usai menghadiri kegiatan pemaparan hasil survei Media Survei Nasional (Median) di Jakarta, Selasa (28/2/2023). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

jpnn.com - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Fikri Yasin secara jujur mengakui partainya tak lagi memprioritaskan mendukung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai kandidat presiden pada Pemilihan Presiden 2024.

Pertimbangannya, karena dari internal partai skor tertinggi yang mendapat dukungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Ganjar Milenial Center Prioritaskan Program Pemberdayaan Bagi Warga di Kabupaten Sukabumi

"Kalau (memprioritaskan untuk diusung sebagai kandidat) presiden sudah enggak. (Pertimbangannya) Ya, karena tadi, nilai skor tertinggi (dukungan) kami, Ganjar."

"Kan, enggak mungkin kami mau menabrak fakta itu, kemudian kami memaksakan (mendukung) Bang Zul," ujar Fikri saat ditemui wartawan seusai menghadiri kegiatan pemaparan hasil survei Media Survei Nasional (Median) di Jakarta, Selasa (28/2).

BACA JUGA: Tak Tertutup Kemungkinan PPP Juga Dukung Ganjar-Erick di Pilpres 2024

Dia pun mengatakan aspirasi dari dewan pimpinan PAN di berbagai daerah dan wilayah menginginkan sejumlah tokoh untuk didukung sebagai kandidat presiden oleh partai tersebut.

Namun, setelah diakumulasik, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh dukungan tertinggi.

"Kami minta suara daerah-daerah, kepada wilayah, mereka menyampaikan itu. Masing masing wilayah itu berbeda, kami akumulasikan, tertinggi di internal kami adalah Ganjar," ucapnya.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Melejit Begini, Bakal Menang Pilpres jika Berduet dengan Ganjar

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sebelumnya menyiratkan akan mendukung duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir maju berpasangan pada Pilpres 2024.

Hal tersebut dikemukakan Zulhas dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (26/2), lewat sebuah pantun.

"Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpang Lima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, insya Allah Indonesia tambah jaya," kata Zulhas.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (Pemilu) kandidat presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu legislatif sebelumnya.

Saat ini, ada 575 kursi di parlemen, sehingga bakal capres dan bakal cawapres pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI.

Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Siapkan Forum CSR Bersama Perusahaan Swasta untuk Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler