Pengamat Apresiasi Perbaikan Kualitas Makanan bagi Narapidana di Lapas

Kamis, 29 Agustus 2024 – 21:44 WIB
Menkumham Supratman Andi Atgas ketika meninjau dapur di salah satu lapas. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu pemerhati kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansah mengatakan masyarakat memberikan apresiasi positif terhadap kinerja Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas yang melakukan kunjungan ke lembaga pemasyarakatan (lapas) setelah dilantik.

"Kunjungan itu dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan program dapat berjalan secara optimal dan efektif," kata dia pada siaran persnya, Kamis (29/8).

BACA JUGA: 9 Warga Binaan Kabur dari Lapas Narkotika Jayapura, 4 Sudah Ditangkap

Menurutnya, publik juga menyambut baik rencana peningkatan alokasi jatah makan bagi warga binaan yang telah diproyeksikan oleh Menteri Supratman.

"Kenaikan jatah makan ini menjadi prioritas utama. Hal ini sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan para warga binaan," ujarnya.

BACA JUGA: LPSK Ungkap Alasan Sudirman Terpidana Kasus Vina Belum Dikembalikan ke Lapas Cirebon

Trubus juga menambahkan bahwa publik mendukung agar warga binaan lebih diberdayakan sehingga dapat meningkatkan kontribusi mereka dalam sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Sebenarnya, warga binaan di lapas ini dapat lebih diberdayakan untuk menghasilkan produk UMKM sehingga dapat meningkatkan produktivitas mereka," tuturnya.

BACA JUGA: Komunitas Antikorupsi Desak KPK Tuntaskan Kasus Monopoli Bisnis di Lapas

"Contohnya seperti di Tiongkok, warga binaan di sana lebih diberdayakan. Oleh karena itu, harga bahan pokok dan pangan di sana lebih murah," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas terkejut saat melihat langsung kondisi makanan yang diberikan di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta.

Didampingi Irjen Kemenkumham yang juga Plt Dirjen Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, Dirjen Imigrasi Silmy Karim dan Kakanwil DKI Jakarta, Andika Dwi Prasetya mengunjungi Lapas Narkotika Cipinang untuk melakukan pengecekan sarana dan prasarana di sana

"Selama ini pandangan saya terhadap lapas itu buruk, tapi tadi pandangan itu berubah 180 derajat. Memang makanan yang diberikan berbeda dengan yang di luar sana, namun ternyata standar makanan di lapas ini jauh di atas ekspektasi saya," ujar Menkumham Supratman kala mengunjungi Lapas Narkotika Cipinang, Rabu (27/8).

Dia mengatakan di era kepemimpinannya saat ini dirinya berharap bahwa ada standarisasi makanan yang harus dipenuhi masing-masing lapas. Sehingga tidak ada lagi isu-isu makanan di lapas tidak layak dan sebagainya.

"Nanti saya bersama Pak Dirjen Pemasyarakatan akan membuat standarisasi makanan. Hal ini penting karena hal ini menyangkut keselamatan warga binaan dan nyawa manusia," ujar dia.

Selain soal makanan, kedatangan Menkumham Supratman Andi Agtas berkesempatan untuk melihat-lihat sejumlah hasil karya kerajinan tangan yang dibuat oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP). (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menkumham Supratman Apresiasi Produksi Kerajinan Warga Binaan Pemasyarakatan


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler