Pengamat Sebut Ada Sinyalemen Golkar Melirik Anies Pilpres 2024

Sabtu, 22 Januari 2022 – 22:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Mappacci putra politikus Partai Golkar Nurdin Halid, Andi Muhammad Nur Al Bisry Nurdin Halid di Makassar. Foto: Panitia Acara Mappacci

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Mappacci putra politikus Partai Golkar Nurdin Halid, Andi Muhammad Nur Al Bisry Nurdin Halid.

Selain Anies, hadir juga mantan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. Kehadiran Anies Baswedan tersebut memunculkan spekulasi, apakah Partai Golkar punya akan mengusung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut di Pilpres 2024.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Diminta Berbenah Agar Golkar Tak Kehilangan Momentum

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Indonesia Ray Rangkuti mengatakan sudah ada kelompok-kelompok di Golkar yang realistis terhadap Airlangga Hartarto.

Sebab, dengan elektabilitas Airlangga yang masih sangat rendah ini sangat kecil bisa bersaing dengan tokoh-tokoh lainnya di Pilpres 2024.

BACA JUGA: Anies Baswedan Jadi Tamu Khusus Elite Golkar, Konon Ada Sinyal-Sinyal Politis

“Saya kira ada targetnya. Ini masih bagian dari beberapa kelompok di internal Golkar yang melihat secara realistis bahwa mendorong Airlangga sebagai capres itu enggak realistis," ujar Ray kepada wartawan, Sabtu (22/1).

Ray mengatakan walaupun masih adanya kelompok-kelompok yang menginginkan Airlangga Hartarto sebagai capres dari Golkar, namun jika melihat realita yang ada merujuk hasil survei Airlangga mesti legawa.

BACA JUGA: Anies Sindir Giring, PSI: Pemimpin Itu Harus Blusukan Seperti Pak Jokowi

"Selama ini gerakannya masih menginginkan Airlangga sebagai capres, tetapi gerakan ini tidak terlalu efektif terhadap Airlangga menerima kenyataan itu," katanya.

Ray menuturkan diundangnya Anies Baswedan oleh Nurdin Halid ini adalah sinyalemen bahwa Golkar telah melihat sosok Gubernur DKI itu potensial untuk diusung menjadi capres.

"Oleh karena itu, sekarang misalnya diundang saingan Airlangga dan dalam hal ini Anies Baswedan. Maka, Anies sekarang mulai dipetakan di Golkar oleh kelompok yang menginginkan Airlangga lebih realistis,” ungkapnya.

"Jadi, Anies bagian dari meraih simpati di internal Partai Golkar, dalam rangka mendorong gerakan Airlangga lebih realistis," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam akad nikah putra Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid di Makassar, Sabtu (22/1).

Petinggi Partai Golkar ini menunjukkan keakrabannya dengan Nurdin Halid. Bahkan eks Ketua Umum PSSI juga menjemput Anies Baswedan di Bandara Sultan Hasanuddin Maros pada Jumat (21/1).(fri/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler