Pengamat Sebut Gibran Sebagai Sosok Pemimpin Muda Berani

Minggu, 17 Desember 2023 – 18:33 WIB
Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka dianggap akan membawa perspektif baru dan pendekatan segar terhadap berbagai isu dan tantangan yang dihadapi Indonesia.

Jika terpilih sebagai Wakil Presiden bersama Prabowo Subianto, Gibran diharapkan berpikir secara kreatif dan menawarkan solusi inovatif.

BACA JUGA: Sukarelawan Prabowo-Gibran Gelar Kompetisi Desain Gemoy

"Gibran sebagai generasi muda memiliki karakter kuat dan rasa ingin tahu yang besar, percaya diri, tidak minder, tetapi juga tidak arogan," ujar Agus Widjajanto, pengamat hukum dan pemerhati politik, sosial budaya (Polsusbud), dalam keterangannya, Minggu (17/12).

Agus mengatakan cawapres nomor urut 2 itu juga berani mengambil risiko, berpikiran kritis dan kreatif serta berani mempelajari hal-hal baru.

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Bukan Sekadar Pelanjut Pembangunan, tetapi Miliki Visi Misi Jelas

Menurut dia, penting untuk mempelajari bagaimana negara maju mengembangkan sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda yang memiliki potensi dan intelektual besar dalam menghadapi perjalanan Indonesia menuju 100 tahun kemerdekaan pada 2045.

Adapun perkembangan karier politik Gibran di Pilpres 2024, generasi muda dan calon pemimpin seperti dia harus didukung dan diberikan ruang, bukan dibatasi oleh syarat-syarat yang menghambat, seperti batasan usia, pengalaman, atau dukungan partai di DPR.

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Berkomitmen Akan Lanjutkan Pembangunan IKN

Agus mengambil contoh sukses pemimpin muda di dunia internasional, seperti Emmanuel Macron yang terpilih sebagai Presiden Prancis pada usia 39 tahun dan Jacinda Ardern yang menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru saat berusia 37 tahun.

Kepemimpinan mereka telah mendapatkan pengakuan secara global, termasuk bagaimana Jacinda menangani serangan teror di Masjid Al Noor dan Linwood Islamic Centre di Christchurch. Agus juga menambahkan bahwa Jacinda telah berhasil menanangani pandemi Covid-19 dengan efektif di Selandia Baru.

Agus menyatakan bahwa proses pemilihan pemimpin tergolong rumit dan dipengaruhi oleh berbagai aspek, seperti pandangan politik, kualifikasi, latar belakang, serta visi kepemimpinan.

Dia mengamati bahwa di Indonesia, beberapa pemimpin muda telah mulai menonjol, dengan potensi yang signifikan untuk menjadi pemimpin masa depan negara.

Agus menambahkan, kehadiran sosok seperti Gibran Rakabuming Raka di kancah politik membawa suasana baru dan menarik bagi para pemilih muda atau milenial.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Partner Politics AB Solissa menilai keputusan Prabowo Subianto untuk menggandeng Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden merupakan langkah inovatif.

Solissa menyatakan bahwa ini menunjukkan keseriusan Prabowo dalam memberi perhatian kepada generasi muda, mendorong mereka untuk terus bermimpi besar.

"Kehadiran Gibran dipanggung politik nasional bisa membuka jalan bagi para generasi muda untuk berani bermimpi besar ke depan," kata Solissa, beberapa waktu lalu.

Solissa percaya bahwa Prabowo sengaja memilih Gibran untuk menunjukkan bahwa generasi muda mampu memegang peran kepemimpinan. (jlo/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler