Pengamat: Wajar Jika Moeldoko Jadi Salah Satu Kandidat Capres 2024

Senin, 12 Desember 2022 – 23:33 WIB
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, SURABAYA - Pengamat politik Univesitas Airlangga (UNAIR), Suko Widodo menyatakan bahwa wajar jika nama Moeldoko muncul sebagai salah satu kandidat Calon Presiden (Capres) di berbagai lembaga survei.

"Moeldoko juga mempunyai pengaruh penting dalam pemerintahan saat ini," kata Suko dalam keterangannya, Senin (12/12).

BACA JUGA: Moeldoko Mengecam Keras Aksi Bom Bunuh Diri di Markas Polsek Astanaanyar

Menurut dia, Moeldoko memiliki karakter yang tegas, humanis, serta loyal dalam segala bidang.

Suko menjelaskan karakter tersebut mampu membuat Moeldoko mendapat hati masyarakat.

BACA JUGA: Survei SRS: Elektabilitas Moeldoko Melesat, 4 Capres Lainnya Stagnan

“Pak Moeldoko salah satu menteri yang loyal, sehingga mendapatkan kepercayaan besar dari Presiden Joko Widodo. Oleh kerena itu, pantas dalam hasil survei nama Moeldoko masuk dalam kandidat Capres 2024," lanjutnya.

Dia juga menjelaskan Moeldoko memimpin organisasi besar Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) sehingga wajar jika mantan Panglima TNI itu meraih hasil survei yang besar dan populer di masyarakat.

BACA JUGA: Hasil Survei Kinerja Menteri, Moeldoko Punya Potensi Penerus Jokowi

“Saat ini, kan, orang mulai menyeleksi dan menimbang-menimbang dari berbagai informasi, terlebih lagi kedinamisan politik saat ini membuat orang-orang bingung," jelasnya.

Atas dasar itu, lanjut Suko, Moeldoko bisa menjadi alternatif ketidakpercayaan publik terhadap calon dari sipil.

Nama Moeldoko sendiri pernah meraup suara 14,7 persen dalam suvei Political Statistic (Polstat) tentang kinerja pemerintahan Jokowi, khususnya kinerja para menteri di mata publik jelang Pemilu 2024, Jumat (2/12)

Peneliti Senior Polstat Apna Permana menyatakan selama ini Moeldoko mungkin tidak teridentifikasi sebagai capres oleh berbagai lembaga survei dan mantan Panglima TNI itu juga tidak pernah mensosialisasikan diri sebagai capres.

Namun, publik tetap mengapresiasi KSP Moeldoko yang begitu fokus mengawal program kerja Presiden Jokowi dan rajin menyodorkan solusi atas berbagai masalah aktual yang tengah dihadapi bangsa dan rakyat Indonesia.

"Dengan tingkat swing voters yang masih tergolong tinggi 36,5 persen KSP Moeldoko masih berpeluang menyodok papan atas dalam rating survei capres 2024," pungkas Apna.

Survei Polstat dilaksanakan pada 1-10 November di 34 provinsi di seluruh Indonesia, dengan jumlah responden sebanyak 1200 dan Margin of error +/- 2.8 persen.(mcr8/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler