Pengangkatan Tenaga Pendidik Kontrak Jawaban Atas Kekurangan Guru di Daerah 3T

Minggu, 07 Juli 2024 – 20:17 WIB
Plt Kepala Disdik Kabupaten Kabupaten Jayapura Ted Y Mokay (ANTARA/Yudhi Efendi)

jpnn.com - SENTANI -- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Papua, Ted Y Mokay, menyatakan bahwa pengangkatan tenaga pendidik kontrak merupakan jawaban atas kekurangan guru di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Menurut Ted, 362 tenaga pendidik telah menandatangani kontrak guru tahun ini.

BACA JUGA: 9 Putra-Putri Terbaik Papua Terpilih Ikut Pendidikan Akpol

“Mereka dikontrak dengan menggunakan anggaran otonomi khusus (otsus) untuk mengajar anak-anak Papua di daerah pedalaman atau 3T,” katanya di Sentani, Minggu (7/7).

Menurut Ted, dikontraknya tenaga pendidik tersebut memberikan jawaban atas kekurangan guru yang selama ini dialami.

BACA JUGA: Martinus Dowansiba: Guru PPPK Harus Bertugas Sesuai Penempatan

“Kami berharap tenaga guru tersebut bisa betah menetap di sekolah kategori 3T minimal enam bulan, baru bisa kembali ke kota,” ujarnya.

Dia menjelaskan sekolah yang termasuk kategori 3T, yakni sekolah di Kampung Pagai, Aurina Distrik Airu dan di Distrik Kaureh.

BACA JUGA: Satgas UU Ciptaker Serap Masukan Guru Besar UGM demi Wujudkan Kebijakan Berkeadilan

“Kami berharap dengan dukungan guru kontrak dari dana otsus, maka pelayanan pendidikan bagi anak-anak Papua dapat teratasi,” katanya.

Dia mengharapkan adanya dukungan aktif masyarakat di daerah 3T untuk memberikan perlindungan kepada guru-guru kontrak, PPPK maupun PNS yang bertugas di sana.

“Guru akan betah di tempat tugas ketika masyarakat mau menerima mereka dengan baik, sehingga mereka dapat memberikan dedikasi dan pengabdian kepada generasi muda di daerah itu,” ungkapnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler