Martinus Dowansiba: Guru PPPK Harus Bertugas Sesuai Penempatan

Minggu, 07 Juli 2024 – 07:01 WIB
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Manokwari, Papua Barat Martinus Dowansiba (ANTARA/Ali Nur Ichsan)

jpnn.com - MANOKWARI - Kehadiran 264 guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) formasi 2024 yang baru dilantik menutupi kekurangan jumlah tenaga pengajar di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Manokwari, Martinus Dowansiba, setiap tahun selalu ada guru-guru yang senior yang pensiun. "Hal itu yang membuat kami makin kekurangan tenaga pengajar," katanya di Manokwari, Sabtu (6/7).

BACA JUGA: TPP PNS Bakal Dipotong untuk Bayar Gaji PPPK Paruh Waktu? Terungkap di DPR

Dia menyatakan bahwa Disdik Manokwari akan mengontrol dan mengawal tiap penempatan guru PPPK agar sesuai dengan SK pengangkatan dari bupati Manokwari.

Guru PPPK tersebut tersebar pada seluruh satuan pendidikan, mulai dari TK sampai SMA/SMK. Sebagian besar guru-guru tersebut ditempatkan di daerah pinggiran yang membutuhkan tenaga pengajar.

BACA JUGA: Hari yang Ditunggu-tunggu Honorer Telah Tiba, Menjadi PPPK adalah Berkah

"Tetap melaksanakan tugas dan penempatan sesuai dengan SK bupati. Jika ada PPPK yang tadinya guru honor lalu kembali bertugas di sekolah lama maka tetap melaksanakan tugas sebagai ASN," ungkapnya.

Dia mengatakan setelah dilantik dan mendapat SK, maka guru PPPK itu harus segera melaporkan diri ke sekolah sesuai penempatan dan segera menyesuaikan di tempat tugas baru.

BACA JUGA: Merasa Dijebak Saat Seleksi PPPK 2021, Guru P1 Ajukan 6 Tuntutan

Dia menambahkan Disdik Manokwari tidak akan mengakomodasi PPPK yang baru bertugas beberapa bulan lalu minta pindah. Guru PPPK harus melaksanakan tugas sesuai penempatan dan tidak ada alasan pindah di daerah kota.

"Jangan ada yang merasa dia adalah guru PPPK dari pemerintah pusat, karena SK dikeluarkan bupati Manokwari sehingga mereka bekerja untuk Pemkab Manokwari," ujarnya.

Guru PPPK harus tetap bertugas sesuai penempatan karena mereka memiliki peran penting untuk pendidikan anak-anak.

Seorang guru PPPK harus bertugas sebagai aparat negara sekaligus abdi masyarakat.

"Tugas guru sangat mahal, karena mereka mencetak SDM anak-anak kita untuk mempersiapkan masa depan kita sehingga yang sudah diangkat sebagai PPPK harus melaksanakan tugas sebaik mungkin," ujarnya.

Berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik), guru di Kabupaten Manokwari dari semua jenjang pendidikan berjumlah 3.153 orang. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler