Pengerjaan Jalur Pantura Sudah 95 Persen

Jumat, 13 Juni 2014 – 14:01 WIB

jpnn.com - LIBUR lebaran tinggal menghitung hari, ritual pun mudik segera dimulai. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) juga sedang sibuk mempersiapkan jalur-jalur mudik. Nah, hingga saat ini, kementerian yang dipimpin Djoko Kirmanto itu menyatakan kesiapan kesiapan jalur mudik mencapai 95 persen. Terutama untuk jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa dan jalur Selatan Jawa.

"Kita sudah siap, untuk Lebaran (Idul Fitri 1435 H), estimasi 95 persen, tinggal sedikit lagi, lima persennya masih proses administrasi," kata Dirjen Bina Marga Kemenpu Djoko Murjanto saat media gathering di Bogor, Jabar, Jumat (13/6).

BACA JUGA: Menkopolhukam Pertanyakan Keaslian Surat Pemecatan Prabowo di Medsos

Bahkan, Djoko mengatakan perbaikan-perbaikan yang dilakukan tahun ini lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya, tidak ada pekerjaan berat seperti pembangunan jalan layang dan jembatan.

"Jalur lintas selatan sekarang sudah selesai, buat marka-marka jalan, padahal target kami Juni," ungkapnya.

BACA JUGA: Rully Dicecar Terkait Penganggaran dan Rapat Hambalang di DPR

Namun, dia menyebutkan masih ada pekerjaan yang belum selesai, yakni perbaikan jembatan di Gresik dan Sumatera dan akhir Juni ditargetkan selesai. Selain itu, lanjut dia, ada proyek yang belum tuntas, yakni Jalur Pantura, yakni bagian Indramayu.

"Sedang ada pelapisan, sudah dikerok dan sebagian besar sudah tertutup, masih on the track, akhir Juni siap digunakan," ucapnya.

BACA JUGA: Polri Tunggu Jokowi Lapor soal Tabloid Obor

Djoko menambahkan untuk pembetonan di jalur Pantura sepanjang 1.300 kilometer, 300 meter sudah selesai.

Terkait penyerapan anggaran, dia mengatakan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, yakni sudah terserap 25 persen dari Rp1,3 triliun, sementara pada 2013 hanya 20 persen. (ant/rr/mas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY: Kalau Acara BPK, Semua Pasti Hadir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler