Pengguna Motor Disarankan Naik Kapal Perang

Jumat, 26 Agustus 2011 – 20:38 WIB

JAKARTA—Mabes Polri memperkirakan tahun ini jumlah pemudik mengalami peningkatan  sekitar 4,14 persen dari periode yang sama tahun laluIni berpeluang  meningkatkan kepadatan arus lalu lintas.

‘’Jumlah pemudik, tahun 2010 ada sekitar 14 juta 143 ribu

BACA JUGA: Polisi Serahkan Malinda ke Jaksa Usai Lebaran

Untuk 2011 diperkirakan meningkat 4,14 persen
Jadi diperkirakan sekitar 15 juta 572 ribu orang

BACA JUGA: Rosa Mengaku Tidak Tahu Soal Ibas

Ini yang perlu kita antisipasi,’’ ujar Kadiv Humas Polri Irjen (pol) Anton Bachrul Alam di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8).

Peningkatan volume pemudik ini juga disumbang oleh meningkatnya pengguna sepeda motor
Karena itulah untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan di jalan raya polri meminta para pengguna sepeda motor ini yang melakukan perjalanan jauh untuk mengunakan kapal perang yang telah disediakan TNI Angkatan Laut secara gratis .

"Kepada kendaraan roda dua kita mengimbau jarak jauh sebaiknya menggunakan kapal yang sudah disiapkan gratis di Pelabuhan TNI Angkatan Laut,’’ tambahnya.

Kapal gratis ini sendiri disediakan pemerintah untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran tahun ini

BACA JUGA: Moratorium CPNS Bisa Diperpanjang

Selain itu khusus bagi para pengguna kendaraan di jalan tol, Polri meminta meningkatkan kewaspadaan selama berkendaraMengingat volume pengguna jalan bertarif itu juga meningkat dan berpotensi kecelakaan lalulintas.

‘’Apabila menggunakan jalan tol itu jarak amannya antara sesama mobil harus dipertimbangkan dengan kecepatannyaKalau kecepatan 80 jaraknya minimal enam meterJangan terlalu mepetIni terjadi karena mengejar waktu dan sebagainyaSehingga saat rem mendadak, yang lain tidak sempat mengerem terjadi kecelakaan,’’ tambahnya.

Sementara itu untuk mencegah kemacetan angkutan berat non sembako dilarang beroperasi sejak H-4 sampai dengan H+1 mendatang‘’Jadi kurang lebih lima hari itu angkutan berat diharapkan tidak beroperasional lagiKesempatan bagi pemudik menggunakan jalan,’’ imbuhnya.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 426 Kecelakaan, 58 Tewas, 284 Luka-luka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler