Penghargaan IGA 2021: Sumedang Raih Predikat Kabupaten Sangat Inovatif dari Kemendagri

Kamis, 30 Desember 2021 – 16:06 WIB
Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir seusai menerima penghargaan dari Kemendagri untuk Pemkab Sumedang sebagai Kabupaten Sangat Inovatif di ajang Innovative Goverment Award (IGA) 2021, Rabu (30/12). Foto: Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Penghargaan kembali diterima Kabupaten Sumedang di penghujung 2021.

Kali ini, penghargaan diberikan Kementerian Dalam Negeri kepada Sumedang sebagai Kabupaten Sangat Inovatif pada Innovative Goverment Award (IGA) 2021.

BACA JUGA: Bupati Sumedang: Insyaallah Suatu Saat Presiden Indonesia dari Telkom University

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyampaikan terima kasih kepada Kemendagri atas penghargaan yang diberikan kepada daerahnya tersebut.

Dia berharap capaian tersebut bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi jajarannya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerjanya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Selamat, Dua Hari Berturut-turut, Pemkab Sumedang Raih 6 Penghargaan

Menurutnya, harapan masyarakat sangat tinggi kepada pemerintah ketika dunia berubah dengan cepat.

"Kata kuncinya harus dijawab inovasi dan kolaborasi," ujar Bupati Dony Ahmad usai mengikuti acara yang dibuka Mendagri Tito Karnavian di Gedung C Lantai 3 Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jl Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat, Rabu (29/12).

BACA JUGA: Inovasi i-Simpati Antar Sumedang Raih Penghargaan Pencegahan Stunting

Bupati Dony menyampaikan Pemkab Sumedang memiliki moto 'Innovative or Die', yang artinya inovatif atau mati.

"Inovasi ini tentunya akan mempercepat proses penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, akhirnya mempercepat kesejahteraan," kata mantan anggota DPR RI itu.

Karena itu, dia menekankan siapapun pemimpinnya, inovasi dari sebuah sistem akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

Bupati Dony menambahkan Sumedang sekarang mempunyai aplikasi baru, yakni Sistem Informasi Kompilasi Inovasi Terintegrasi.

"Ini ikhtiar kami untuk terus mempertahankan dan meningkatkan inovasi di kalangan ASN Kabupaten Sumedang," ungkapnya.

Saat berbincang dengan Mendagri Tito, Bupati Dony menyampaikan banyak sekali perubahan di Pemkab Sumedang, terutama dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

"Pak Menteri sangat mengapresiasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappppeda Tuti Ruswati menambahkan Innovative Goverment Award  merupakan kompetisi semua inovasi dari setiap kabupaten, kota dan provinsi.

"Untuk tahun ini, indikator yang dinilai ialah kematangan inovasi. Kabupaten Sumedang memasukkan 19 inovasi unggulan yang tingkat kematangannya 'Cukup Matang', sehingga masuk ke dalam 10 besar Innovative Goverment Award," kata Tuti Ruswati.

Dia menyampaikan dari kabupaten/kota seluruh Indonesia yang diundang, hanya 7 kabupaten hadir secara langsung, dan salah satunya Sumedang.

"Kabupaten Sumedang tahun lalu hanya 30 besar, alhamdulillah sekarang masuk 10 besar," ujar Tuti.

Penganugerahan IGA 2021 diberikan kepada kepala daerah klaster provinsi, kabupaten/kota, daerah perbatasan dan daerah tertinggal.

Penganugerahan IGA kali ini, berupa penghargaan kepada 31 Pemerintah Daerah Kategori Terinovatif yang terdiri dari 5 provinsi, 10 kabupaten, 10 kota, 3 daerah perbatasan, dan 3 daerah tertinggal.

Adapun penghargaan pemerintah daerah dengan predikat "Sangat Inovatif dan Inovatif" (klaster daerah perbatasan) kepada 14 Pemda, terdiri dari 3 provinsi, 7 kabupaten, 2 kota, dan 2 daerah perbatasan. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler