Pengikut Habib Muda Seunagan Mulai Puasa Hari Ini

Selasa, 15 Mei 2018 – 00:30 WIB
Masjid. Ilustrasi Foto: ZEPI ALAYUBI/JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, NAGAN RAYA - Pengikut Habib Muda Seunagan (Peuleukung) di di sejumlah daerah di Aceh, mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1439 Hijriah, hari ini Selasa (15/5).

Cucu Habib Muda Seunagan, Said Kamaruddin, keputusan awal Ramadan tersebut merupakan hasil keputusan rapat ulama pengikut Habib Muda Seunagan.

BACA JUGA: Kerja PNS Selama Ramadan Berkurang 1 Jam, Ini Aturannya

Sebagai pemegang amanah, Abu Habib Qudrat sudah mengimbau kepada seluruh pengikut Habib Muda Seunagan di Nagan Raya, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Barat dan Pidie untuk melaksanakan ibadah puasa, mulai Selasa.

“Kita berpuasa lebih awal ini berdasarkan hisab hitungan lima,” kata Said Kamaruddin, seperti diberitakan Rakyat Aceh (Jawa Pos Group).

BACA JUGA: Awal Ramadan 17 Mei 2018, Puasa Hanya 29 Hari

Katanya, bagi pengikut Habib Muda Seunagan sudah semenjak ratusan tahun lebih awal berpuasa Ramadan. Tahun ini berpuasa penuh 30 hari.

“Kami mengimbau kepada seluruh pengikut Habib Muda Seunagan agar dalam menjalankan ibadah puasa, sering diisi dengan ibadah lainya dan bila nanti hari raya lebih awal, agar menghargai orang lain yang masih berpuasa,” katanya.

BACA JUGA: Berpotensi Kompak, Lebaran 15 Juni

BACA JUGA: Berpotensi Kompak, Lebaran 15 Juni

Lazimnya jelang puasa Ramadan, ribuan masyarakat di Nagan Raya mulai disibukkan dengan menyiapkan tradisi meugang. Sejumlah titik pasar musiman terlihat ramai warga belanja daging.

Sayangnya, tahun ini harga daging naik hingga 40 persen. Warga keluhkan harga tak normal tersebut. Apalagi harga daging sapi dan kerbau biasanya dijual Rp120 ribu.

"Penjual daging di Nagan Raya sudah seenak-enaknya membuat harga daging di pasar," sebut Mahdi, seorang warga. (ibr/mai)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Zaskia Adya Mecca Puasa Pertama di Yogyakarta


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler