Pengusaha Minta Pusat Serahkan Urusan Investasi ke BP

Selasa, 26 September 2017 – 19:24 WIB
Kawasan Industri Batamindo. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Pelaku industri menyarankan agar pemerintah pusat segera menyerahkan urusan investasi di kawasan perdagangan bebas Batam secara penuh kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Selain itu, mereka juga meminta agar pemerintah pusat jangan pernah menerbitkan peraturan yang mengganggu ketenangan kawasan industri di Batam.

BACA JUGA: Kawasan Perdagangan Bebas Batam Jauh Tertinggal dari Johor

Wakil Koordinator Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri, Tjaw Hoeing mengatakan Batam dulunya merupakan tempat belajar bagi pelaku industri dari luar negeri tentang bagaimana menata sebuah kawasan perdagangan bebas. Namun saat ini Batam malah tertinggal jauh.

"Di kawasan industri Iskandar (IRDA), pemerintah pusatnya tidak mencampuri lagi urusan disana. Semua diserahkan kepada otoritas IRDA," ujar pria yang akrab disapa Ayung tersebut, Senin (25/9).

BACA JUGA: Urus Visa Kerja Dinilai Hambat Kegiatan Investasi

Selain itu, hubungan kelembagaan antara IRDA dengan pemerintah daerah dan parlemennya juga terjaga dengan baik. Tidak ada tumpang tindih kewenangan dan masalah perizinan.

"Semua karena perwakilan dari pemerintah Johor dan parlemennya ada di dalam IRDA," ungkapnya.

BACA JUGA: 2018, Targetkan Gandeng 10 Investor Masuk KEK TAA

Untuk urusan perizinan, segala perizinan lintas sektoral dapat diselesaikan dalam kawasan IRDA itu sendiri. Semuanya sudah terintegrasi dengan baik.

Menurut Ayung, jika ingin maju, Batam harus membenahi regulasinya dan mengatur tupoksi pembagian kewenangan dan ruang kerja antara Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemko Batam.

Selain itu, pelabuhan Batuampar harus dibenahi. Berkaca pada pelabuhan IRDA yakni Tanjungpelepas, pelabuhan di Batam sangat tertinggal jauh."Di Tanjungpelepas, barang masuk tinggal kasih tahu syahbandar sudah bisa diproses, tidak ada pemeriksaan bea cukai. Ketika masuk pasar Malaysia baru ada pemeriksaan," tambahnya lagi.

Sedangkan di Batam, waktu dwelling time sangat lama karena pelabuhan Batuampar memiliki kapasitas yang kecil dan tidak memiliki sea crane. Ditambah lagi pemeriksaan bea cukai yang bisa memakan waktu hingga dua hari.

Ayung menyarankan agar pelabuhan Batuampar dibenahi dengan mengubahnya menjadi pelabuhan pintar (smart port)."Sistem smartport yang kami maksud adalah untuk meningkatkan kelancaran sistem logistik, salah satunya melalui gerbang otomatis dan pembayaran elektronik," ujarnya lagi.

Dengan sistem gerbang otomatis, maka transaksi elektronik yang merupakan bagian dari konsepnya akan meningkatkan pelayanan bisnis di pelabuhan.

"Proses pengeluaran barang, perpindahan dan verifikasi data akan dilakukan melalui jaringan yang menghubungkan berbagai sistem termasuk di bea cukai dan lainnya," jelasnya.

Selain itu, sistem gerbang otomatis mampu mengidentifikasi ketika importir sudah menyelesaikan proses administrasi sehingga mempermudah proses pengeluaran dan pemasukan barang.

"Di Batam ini kan banyak perusahaan manufaktur yang menerapkan konsep tepat waktu artinya barang baku yang mereka impor untuk produksi harus secepatnya dapat digunakan," tambahnya.

Dan satu hal lagi kata Ayung, kawasan industri di luar negeri tidak ada yang menerapkan kebijakan barang larangan terbatas (lartas). Kebijakan lartas menghambat investasi di Batam.

"Hanya Indonesia yang menerapkannya," tambahnya lagi.

Pernyataan Ayung mendapat dukungan dari Direktur Utama PT Kabil Citra Nusa, Peters Vincent. Menurutnya, pemerintah harus memberi dukungan dalam membangun infrastruktur untuk melengkapi kawasan industri. Salah satunya yang harus dibangun adalah pelabuhan yang komprehensif.

"Ditambah lagi dengan peningkatan konektivitas seperti jalan dan penurunan harga gas industri," ujarnya.

Dengan begitu, dia yakin Batam akan mampu bersaing dengan kawasan industri di Asia Tenggara.

"Pembangunan infrastruktur sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing investasi dengan negara lain," pungkasnya.(leo)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiongkok Jajaki Kerja Sama Agrobisnis di Batam


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler