Penjabat Bupati ini Pilih Mundur Demi Maju Pilkada 2024

Selasa, 23 Juli 2024 – 21:20 WIB
Awaluddin Muuri memberi keterangan pers di Desa Karangrena, Maos, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (23/7/2024), terkait pengajuan surat pengunduran dirinya sebagai Penjabat Bupati Cilacap karena akan maju pada Pilkada Cilacap 2024. ANTARA/Sumarwoto.

jpnn.com - CILACAP - Awaluddin Muuri memilih mundur dari posisinya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cilacap maupun aparatur sipil negara (ASN) demi maju pada Pilkada Cilacap 2024.

Awaluddin menyatakan telah mengajukan surat pengunduran diri.

BACA JUGA: Anies & Pras Saling Melengkapi, Kombinasi Terbaik untuk Jakarta

"Pencalonan saya tetap jalan sesuai aturan yang berlaku. Pengunduran diri sebagai Penjabat Bupati sudah diajukan karena paling lambat kan tanggal 17 Juli," ujar Awaluddin di Desa Karangrena, Maos, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (23/7).

Dia mengatakan sesuai dengan ketentuan seorang penjabat kepala daerah yang ingin maju dalam pilkada harus mengajukan pengunduran diri dari jabatan tersebut kepada Menteri Dalam Negeri.

BACA JUGA: Pasti Indonesia Tolak Balon Bupati Teluk Bintuni Terindikasi Korupsi

Menurut dia, surat pengunduran diri tersebut masih dalam proses di Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan DPRD Kabupaten Cilacap.

Selanjutnya, kata dia, DPRD Kabupaten Cilacap akan mengusulkan nama yang akan ditunjuk sebagai Pj Bupati Cilacap hingga pelantikan bupati definitif hasil Pilkada Cilacap 2024.

BACA JUGA: Hasto Semangati Kader PDIP Memenangkan Paslon yang Didukung Partai di Pilkada 2024

"Tunggulah, selama masih proses, sebelum ada pelantikan Pj Bupati Cilacap saya masih menjabat Pj Bupati," katanya.

Saat ditanya mengenai partai politik yang akan mengusungnya dalam Pilkada Cilacap 2024, Awaluddin enggan memberikan komentar secara gamblang.

Kendati demikian, dia mengaku telah menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol di Cilacap.

"Komunikasi, semua pihak kami komunikasi. Komunikasi yang baik," katanya.

Awaluddin Muuri merupakan alumnus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 1998.

Dia mengawali karier sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dengan menjadi mantri polisi di Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap pada 1999.

Dia pernah menjadi Camat Kedungreja, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cilacap, hingga akhirnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Cilacap sejak 1 April 2022.

Pria yang dilahirkan di Muna, Sulawesi Tenggara, 31 Juli 1975, itu selanjutnya dilantik sebagai Pj. Bupati Cilacap pada 20 November 2023 untuk menggantikan penjabat sebelumnya, Yunita Dyah Suminar yang kembali mengemban jabatan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (Antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasto Ungkap Pesan Megawati kepada Kader PDIP di Pelatihan Nasional, Begini Kalimatnya


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler