Penjual Helm dan Pedagang Pisang Nyambi Calo CPNS

Rabu, 17 Juni 2015 – 13:02 WIB
Tenaga honorer. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Rencana pemerintah untuk mengangkat honorer kategori dua (K2) secara bertahap memberikan angin segar bagi para calo. Banyak di antaranya menggunakan kaki tangan dalam mencari mangsa.

Seperti yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur. Calo di sana menggunakan tenaga tukang helm dan pedagang pisang untuk menggaet mangsa.

BACA JUGA: Honorer K2 Berharap Diangkat jadi CPNS Tahun Ini

"Kami temukan fakta di wilayah Jatim seperti Kabupaten Tulungagung, Ponorogo, Banyuwangi, Jember, Lumajang, dan Surabaya, tukang helm dan pedagang pisang ini alih profesi menjadi kaki tangan calo," kata Ketua Tim Investigasi Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Riyanto Agung Subekti alias Itong kepada JPNN, Rabu (17/6).

Para kaki tangan calo ini, ungkap Itong, mendatangi honorer K2 satu persatu. Mereka menawarkan untuk masuk data BKD asalkan membayarkan uang Rp 80 juta sampai Rp 150 juta.

BACA JUGA: DPR: Mafia Bola Seperti Ada Sepuluh Orang yang Satu Kentut

"Rupanya informasi yang dimuat di media JPNN langsung ditangkap para calo. Para calo yang PNS ini memperalat pedagang untuk cari mangsa," terangnya. (esy/jpnn)

 

BACA JUGA: Eks Walkot Makassar Ajukan Praperadilan Lagi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menteri Yuddy Pastikan tak Ada Penerimaan CPNS Tahun Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler