Penyelenggaraan Big Bang Jakarta 2022 Dorong Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Sabtu, 23 April 2022 – 17:17 WIB
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi bersama Direktur Operasional Expo Indo Jaya Novry AD Hetharia pada acara pembukaan event Big Bang Jakarta 2022 Edisi Ramadhan di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/4/2022). Event ini berlangsung hingga 8 Mei 2022. Foto: Dok. Panitia Penyelengara Big Bang Jakarta 2022

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Operasional Expo Indo Jaya Novry AD Hetharia mengatakan penyelenggaraan Big Bang Jakarta Edisi Ramadan 2022 dapat mendorong kebangkitan ekonomi bangsa Indonesia.

“Kami berharap penyelenggaraan event ini dapat membangkitkan ekonomi bangsa Indonesia, khususnya untuk DKI Jakarta dan sekitarnya,” kata Novry pada saat Pembukaan Big Bang Jakarta 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (22/4).

BACA JUGA: Big Bang Jakarta Kembali Digelar, Puluhan Musisi Ramaikan Festival Musik Edisi Ramadan 2022

Big Bang Jakarta Edisi Ramadan ini berlangsung sejak 22 April hingga 8 Mei 2022.

Novry berharap semua yang terlibat di dalam pameran dan acara Big Bang Jakarta Edisi Ramadan ini mendapatkan manfaat dan mendukung ekonomi kreatif UMKM.

BACA JUGA: Big Bang Jakarta 2022 Edisi Ramadan Kembali Digelar Besok

Dia menilai sudah dua tahun ini para musisi tidak ada event. Artinya, semua musisi juga tidak tampil.

“Jadi kami berharap dengan acara ini kita bangkit bersama-sama untuk Indonesia,” kata Novry.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Sebut Kolaborasi Baznas, Al Azhar, dan UMKM Kunci Kebangkitan Ekonomi

Novry menargetkan banyak pihak yang tampil tetapi tetapi mengikuti protokol kesehatan.

“Kami juga memperhatikan izin yang diberikan juga terbatas, demi menjaga keamanan, kenyamanan juga pengunjung yang hadir di Big Bang Jakarta Edisi Ramadan ini,” ujar Novry.

Novry menambahkan pameran kali ini menampilkan produk baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Pameran kali ini campur, baik dalam negeri maupun luar negeri, tetapi kami fokus UMKM,” ujar Novry.

Untuk tahun ini, tenant sekitar 200. Kalau nanti di akhir tahun biasanya tenant mencapai 500-1.000.

“Kami sangat menjaga karena keterbatasan tempat dan prokes. Jadi, kami menjaga juga tidak terlalu besar,” ujar Novry.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi saat membuka event Big Bang Jakarta 2022 Edisi Ramadhan mengingatkan untuk tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Pemda DKI mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Big Bang Jakarta 2022 Edisi Ramadan. Semua perizinan sudah keluar. Pemkot Jakarta Pusat akan mengawasi semua protokol kesehatan (prokes)di acara ini,” kata Irwandi.

Menurut Irwandi, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perkembangan ekonomi dan pergerakan ekonomi masyarakat Jakarta.

“Kan selama dua tahun ekonomi sangat drop ya. Saat ini mulai bangkit lagi, dan kita lihat di luar negeri juga mulai bangkit juga. Dan, ini di Jakarta khususnya, ekonomi pergerakannya agar lebih cepat,” kata Irwandi.

Dia berharap masyarakat umum dan para pelaku UKMM bisa ikut partisipasi dalam kegiatan ini.

“Dalam event ini penonton dibagi dua kelompok. Yakni, penonton musik dan penonton pameran. Semuanya harus menjaga prokes,” kata Irwandi.

Irwandi menjelaskan tiket kegiatan ini dijual secara online sehingga masyarakat tidak berdesak-desakan antre untuk membeli tiket.

“Namun khusus di konser musik agak sedikit pengecualian dan kita akan atur jadwalnya. Jadi musik sehari bisa digelar dua kali agar penonton tidak menumpuk di satu waktu pertunjukan,” kata dia.

Irwandi mentatakan pemda DKI dan Pemkot Jakarta Pusat pada prinsipnya selalu mengawasi, tetapi juga mendukung perkembangan ekonomi di Jakarta.

Sebelumnya, Novry menjelaskan penyelenggaraan Big Bang Jakarta ini akan menjadi acara festival terpanjang sejak dua tahun pandemi melanda Indonesia.

Menurut Novry, para pengunjung dapat menyaksikan penampilan musisi-musisi tanah air dari tanggal 22 April sampai dengan 8 Mei 2022.

Mereka di antaranya Tulus, Kahitna, Tipe-X, Danilla, Fourtwnty, Juicy Luicy, Diskoria, Fiersa Besari, Kunto Aji, Denny Caknan, Ndarboy Genk, Maliq & D’essentials, Kerispatih, Hindia, Jason Ranti, Feast, Feel Koplo, Prince Husein, Enau, dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan juga Casablanca Body Mist mempersembahkan pamungkas pada tanggal 30 April 2022.

Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan program-program menarik seperti diskon hingga 80 persen dari Hush Puppies, Carvil dan Millenia Book Store, diskon hingga 70 persen dari Apparel LGS dan John Win, DP Rp 0 persen untuk pembelian produk Comforta, serta promo menarik dari Gentle Gen.

Konten acara lainnya seperti Pesta Kembang Api, Parade Ramadan, Kultum, Kabaret, Fashion Show Muslimah serta pembayaran Zakat juga akan menjadi bagian dari acara yang ditunggu-tunggu ini.

Pengunjung juga dapat berbuka puasa dengan berbagai macam pilihan makanan di area Pucuk Coolinary Festival x Big Bang Festival yang menyediakan program menarik seperti Festival Durian, Happy Hour, Kompetisi Makan serta buka puasa bersama para komunitas.

Novry menjelaskan Big Bang Jakarta 2022 Edisi Ramadan dibuka selama 17 hari dari pukul 11:00 - 21:00 kecuali pada tanggal 25 - 28 April jam buka pukul 14:00.

Penyelenggara mengimbau para penonton Konser Musik untuk datang dari siang hari untuk menghindari terjadinya penumpukan pengunjung menjelang pintu Konser Musik dibuka pukul 18:00.

Tiket masuk pameran dapat dibeli melalui aplikasi BBO dengan harga Rp 30.000 atau membeli on-site dengan harga Rp 40.000. Sedangkan harga tiket masuk konser musik juga dapat dibeli melalui aplikasi BBO dengan harga Rp 50.000 - Rp 100.000.

Menurut Novry, penyelenggaraan Big Bang Jakarta 2022 Edisi Ramadan tidak lepas dari penerapan protokol kesehatan sesuai arahan SATGAS Covid-19 dan Kementerian Kesehatan. Tujuannya agar menciptakan rasa aman bagi seluruh pihak baik peserta maupun pengunjung.

“Seluruh persiapan terkait protokol kesehatan telah diupayakan oleh penyelenggara mulai dari petunjuk-petunjuk imbauan di seluruh area pameran, pembentukan tim SATGAS internal, pengecekan secara berkala suhu tubuh dan antigen pihak-pihak yang terlibat.

Selain itu, penerapan sistem pembelian online dan scan tiket masuk melalui aplikasi BBO, serta aplikasi Peduli Lindungi guna memastikan pengunjung yang masuk dalam keadaan sehat.

“E-Tiket Big Bang Jakarta 2022 Edisi Ramadan sudah mulai dijual online melalui aplikasi BBO dengan kuota yang terbatas. Penggunaan elektronik tiket ini juga merupakan bagian dari penerapan protokol kesehatan untuk menghindari penukaran uang tunai dengan tiket dan kontak fisik,” kata Novry.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler