Penyelundupan Ratusan Kera Digagalkan di Pelabuhan Merak

Minggu, 31 Agustus 2014 – 22:05 WIB
Salah satu kera yang berhasil diamankan petugas dari BKSDA Jawa Barat bersama Balai Karantina Pertanian Kelas II Merak, Sabtu (30/8). Foto: Devi Krisna/Radar Banten/JPNN

jpnn.com - CILEGON - Sebanyak 280 kera ekor panjang serta enam beruk asal Lampung berhasil diamankan petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat bersama Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Merak, Sabtu (30/8).

Petugas juga berhasil mengamankan sebuah truk Colt Diesel dengan nomor polisi BG 8918 US berikut tiga orang pelaku penyelundupan, MR (28), ST (41), serta GT (25), warga Tangerang, setelah ketiganya tidak dapat menunjukan dokumen resmi atas kera-kera tersebut.

BACA JUGA: Harga Sawit Rp 800 per Kg

"Ketiganya hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan,” ujar Petugas Pos BKSDA Jawa Barat Uday Hudaya kepada Radar Banten (Grup JPNN), Minggu (31/8).

Untuk mengelabui petugas, imbuh dia, pelaku menggunakan modus dengan menyembunyikan ratusan hewan itu di dalam tumpukan pisang. "Di dalam tumpukan pisang itu ada keranjang plastik yang dijadikan kandang kera," jelasnya.

BACA JUGA: Harga Karet Sempat Rp17 Ribu Per Kilogram, Sekarang Rp 7 Ribu

Pemantauan pelaku, masih kata Uday, sejak dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat. "Mereka kita buntuti, di Pelabuhan Merak pelaku kita ringkus," ungkapnya.

Kendati tak ada larangan untuk pengiriman kera, namun pengiriman dalam jumlah besar itu dikhawatirkan akan merusak habitat kera.

BACA JUGA: Kerugian Kebakaran Pasar Jatibarang Ditaksir Rp25 Miliar

ST selaku pemilik ratusan kera mengaku akan menjual kera ke Taman Pramuka, Jakarta Timur. "Ini baru pertama kali, saya beli kera-kera ini dari teman dengan harga Rp5 ribu dan akan dijual Rp10 ribu," katanya. (DK/radar banten)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemko Harus Siapkan Ribuan Komputer untuk Tes CPNS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler