Pep Pelatih Termahal di Dunia

Sabtu, 21 Desember 2013 – 06:39 WIB
Pep Guardiola. FOTO: getty images

jpnn.com - NAMA Pep Guardiola seakan sudah menjadi jaminan mutu prestasi tim yang ditanganinya. Saat masih menangani Barcelona, dia mempersembahkan dua gelar Liga Champions, tiga gelar Primera Division ditambah dua gelar Copa del Rey. Beberapa gelar lain juga mampir ke lemari trofi Barca di bawah kepemimpinannya. 

Kini, dia punya tanggung jawab berat bersama bayern Muenchen. Dia punya tugas mempertahankan treble yang didapatkan bayern musim lalu saat tim tersebut masih bersama Jupp Heynckes. Dengan tanggung jawab sebesar itu, rasanya wajar jika Guardiola punya predikat sebagai manajer sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia.    
    
Daily Mail menyebutkan Guardiola menerima bayaran senilai 14,8 juta pound (Rp 293 miliar) per tahun. Guardiola mengalahkan nama-nama beken lainnya yang juga berkiprah di tim-tim besar Eropa. Bahkan di antaranya pelatih tim nasional.
    
Salah satu yang memberikan kejutan dalam daftar yang dirilis oleh Sporting Intelligence, adalah munculnya nama Manajer West Ham United Sam Allardyce. Manajer tim yang masih terjebak di papan bawah Premier league itu berada di posisi ke-13 dalam daftar manajer dengan bayaran tertinggi. 
    
Dengan bayaran senilai 2,95 juta (Rp 58,4 miliar), Allardyce berada di atas pelatih top lainnya di antaranya Roberto mancini (Galatasaray, 2,92 juta poud), Rafa Benitez (Napoli, 2,92 juta pound). Di wilayah domestik, jumlah yang didapat oleh Allardyce senilai dengan bayaran pelatih tim nasional  Roy Hodgson.
    
Di Inggris, bayaran tertinggi dimiliki oleh Manajer Chelsea Jose Mourinho. Pria asa Portugal itu menerima bayaran senilai 8,34 juta pound (Rp 165,1 miliar) untuk menghuni posisi kedua. Dia diikuti oleh Marcello Lippi yang menukangi juara Liga Champions Asia Guangzhou Evergrande juga Arsene Wenger (Arsenal).
    
Dalam jajaran pelatih timnasional, Fabio Capello mengungguli pelatih tim-tim negara lain. Pelatih tim RUsia yang akrab dengan sapaan Don Fabio itu punya bayaran senilai 6,51 juta pound (Rp 129 miliar) per tahun. (ady)

BACA JUGA: Ferrari Diuntungkan Mesin V6

BACA ARTIKEL LAINNYA... PM Malaysia Tetap Dukung Harimau Muda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler