Perampok Berhasil Bobol Brankas Berisi 1 Kg Emas, Begini Caranya...

Selasa, 06 Oktober 2015 – 04:15 WIB
Pemilik toko emas, Siti Annur, terlihat syok saat melihat brangkas penyimpanan emasnya dibobol perampok. Foto: Batam Pos/JPNN.com

jpnn.com - BATUAJI - Aksi pembobolan toko emas kembali terjadi di Batam. Padahal sebelumnya masih banyak kasus serupa dengan kerugian hingga ratusan juta rupiah belum terungkap. Kali ini toko emas Prima Cantik yang berlokasi Plaza Fanindo Blok C1 Nomor 2 yang jadi sasaran.

Mereka membobol sebuah brangkas lima lantai berisi sejumlah perhiasan emas dan uang tunai puluhan juta rupiah.

BACA JUGA: Teriaki Remaja yang Coret Tembok, Malah Dibacok Celurit

Pembobolan ini baru diketahui pemilik toko bernama Siti Annur, 43, sekitar pukul 09.00 WIB kemarin (5/10). Brangkas tersebut diduga dirusak dengan mesin las karena terlihat ada bekas kebakaran pada bagian kiri atas. Sebuah lubang terlihat cukup jelas dan diduga pelaku menggasak sejumlah perhiasan emas melalui lubang tersebut.

Menurut Siti, pada saat hendak membuka toko emasnya, dia mendapati rooling door depan bisa terangkat dengan mudah padahal dia yakin bahwa rolling door itu sudah digembok, kerusakan serupa juga terjadi pada rolling door bagian samping. Setelah dia mengangkat rolling door tersebut dia mendapati tokonya dipenuhi bekas semen sisa hasil las serta bau hangus.

BACA JUGA: Banyak Menjambret Wanita Cantik, Anunya Penjahat Ini Pun Bolong

"Apa aku lupa gembok, padahal aku yakin sudah digembok. Saya kaget kok pada berantakan, ada bau hangus dan ku lihat brankas itu bolong," tutur Siti.

Menurut Siti, selain dirinya tidak ada orang lain yang memegang kunci toko tersebut, dia memperkirakan pelaku menggunakan kunci duplikat atau dibongkar paksa.

BACA JUGA: Istri Digondol Selingkuhan, Suami Bawa Celurit, Cras! Cras!

"Yang pegang kunci cuma saya, kami gak punya anak buah (yang disuruh untuk pegang kunci)," kata Siti.

Lanjut dia, dalam brankas berlantai lima tersebut terdapat emas satu kilo juga serta uang tunai senilai Rp20 juta. Dia juga mengaku bahwa pada tokonya tidak memasang CCtv.

"Gak ada CCtv, dalam brankasnya selain emas juga ada uang," katanya lagi.

Namun demikian, toko emas lain yang bersebelahan dengan toko emas Prima Cantik terdapat CCtv yang tersorot ke toko emas Prima Cantik. Tapi sepertinya CCTv itu sengaja digeser oleh pelaku agar aksi mereka tidak terekam.

"CCtv kami juga di geser kayaknya, biasanya CCtv ini menyorot ke Prima Cantik. Tapi ini sudah bergeser ke arah jalan," tutur pemilik toko emas Cahaya, Refli.

Dilokasi kejadian terlihat juga Kasat Reskrim Mapolresta Barelang, Kompol Yoga Buanadipta Ilafi juga hadir. 

Kapolsek Batuaji Andy Rahmansyah mengatakan dari hasil olah TKP yang dilakukan Inafis pelaku masuk melalui pintu depan dengan cara menjebol gembok, kemudian memanjat etalase pajangan emas lalu membobol brangkas melubangi dengan alat las.

"Pelaku lewat depan, cara pastinya pelaku melakukan pembobolan masih dalam penyelidikan. Tapi dugaan sementara dengan cara di-tos," jelas Andy.

Kerugian dalam kejadian tersebut belum bisa  ditaksir secara pasti. Menurut penuturan Andy, ada 5 lantai pada brangkas tempat menyimpan emas. Dari hasil investigasi hanya lantai bagian atas yang dibobol.

Pelaku diketahui hanya mengambil beberapa keping emas yang terletak di lantai lima brangkas. Sedangkan uang hasil penjualan masih belum bisa diketahui berapa jumlah yang hilang.

"Setelah dicek hanya bagian lantai atas yang dibobol, hanya yang diambil beberapa saja. Uang juga masih belum dihitung secara jelas berapa yang hilang," ujarnya.

Sementara itu Andy juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Batuaji untuk memasang CCTv di pada setiap tempat usaha tidak terkecuali pada toko emas.

"Diharapkan bagi masyarakat bagi yang mempunyai usaha agar memasang CCTv, tidak hanya toko emas. CCTv bisa membantu Polisi dalam mengungkap kasus-kasus," tandas Andy.

Mengenai jumlah pelaku, Andy mengatakan masih dalam proses penyelidikan. "Kalau jumlah pelaku masih belum dipastikan berapa, sekarang masih dalam penyelidikan," jelas Andy.

Dia menegaskan kalau kejadian tersebut merupakan kasus pencurian dengan pemberatan. (cr13/opi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gempar! Ponakan Istri Wali Kota Tewas Bersimbah Darah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler