Perangi Obesitas, Meksiko Terapkan Pajak Softdrink

Senin, 09 September 2013 – 21:48 WIB

jpnn.com - MEXICO - Pemerintah Meksiko menerapkan pajak atas minuman ringan (softdrink) untuk membantu mengatasi obesitas yang dianggap sebagai persoalan serius di negara tersebut.

"Obesitas masalah kesehatan serius di Meksiko, dengan tingkat obesitas tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat," kata Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, seperti dilansir Reuters, Minggu (8/9).

BACA JUGA: Ekspor China Kembali Pulih

Pajak minuman ringan ini adalah bagian dari serangkaian reformasi sosial dan fiskal. Hal lain yang diusulkan adalah pajak karbon. Dana dari pajak ini akan dialokasikan sebagai tunjangan bagi pengangguran dan skema pensiun nasional.

Saat ini Meksiko memerlukan tambahan penerimaan dari pajak. Makanya, Presiden Pena Nieto akan memaksimalkan pendapatan pajak dari perusahaan-perusahaan besar yang kadang tidak memenuhi kewajiban kepada negara.

BACA JUGA: Intelijen AS dan Inggris Mata-Matai Data di Smartphone

Secara khusus sudah muncul seruan agar orang-orang terkaya di Meksiko, termasuk orang terkaya di dunia Carlos Slim, membayar pajak yang lebih besar.

Selama beberapa dekade Meksiko memberlakukan sejumlah perlakukan khusus, seperti penundaan pembayaran pajak ke industri-industri tertentu. "Kebijakan-kebijakan seperti ini tidak layak lagi dipertahankan," lanjut Presiden Pena Nieto.

BACA JUGA: Lidah Pria Terpanjang di Dunia Terus Tumbuh

Beberapa reformasi ini masih harus mendapatkan persetujuan dari Kongres dan sebagian besar negara bagian di Meksiko. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AS Niat Serang Syria Tiga Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler