Perayaan Pergantian Tahun Baru Aman Terkendali, Pj Bupati Sumedang Sampaikan Apresiasi

Senin, 01 Januari 2024 – 14:09 WIB
Penjabat Bupati Herman Suryatman memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Tahun Baru di Alun Alun Sumedang pada Minggu (31/12/2023) malam. Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak atas kondisi keamanan dan ketertiban saat pergantian tahun 2024 di wilayah tersebut aman dan terkendali.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam pengamanan pergantian tahun baru 2024 ini. Mudah-mudahan dedikasi saudara sekalian menjadi nilai ibadah di hadapan Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa," kata Pj Bupati Herman Suryatman dalam keterangan resminya, Senin (1/1).

BACA JUGA: Di Hadapan Sandiaga, Herman Nyatakan Siap Jadikan Sumedang Destinasi Wisata Kelas Dunia

Sebelumnya, Pj Bupati Herman Suryatman memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Tahun Baru di Alun Alun Sumedang pada Minggu (31/12/2023) malam.

BACA JUGA: Luar Biasa, Pemkab Sumedang Raih Anugerah Meritokrasi ASN 2023 dengan Nilai Tertinggi

Apel tersebut sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan pengamanan, baik aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Polri, Satpol PP, Dishub Kabupaten Sumedang.

Pj Bupati Herman menyampaikan tantangan momen Natal dan Tahun Baru berbeda dengan hari-hari biasanya.

BACA JUGA: Penjabat Bupati Herman Mengajak Masyarakat Meneladan Para Pangeran Sumedang

Hal ini, kata dia, dipicu oleh mobilitas masyarakat yang bisa potensi meningkatnya aktivitas di pusat keramaian.

“Beberapa atensi yang perlu diperhatikan, di antaranya cross chek baik dari kesiapan personel, perlengkapan dan pengamanan,” terangnya.

Herman menyebutkan saat pergantian tahun baru, pertama siapkan metal, fisik serta jaga kesehatan.

“Melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat," jelas Herman.

Kemudian, kata Pj Bupati Herman, hal lainnya, yaitu meningkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memamfaatkan momentum malam pergantian tahun baru.

“Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta melakukan penugasan anggota dengan buddy system," tegas Herman.

Lebih lanjut Pj Bupati Herman menekankan pentingnya memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan pengamanan serta mengingatkan masyarakat untuk selalu mewaspadai kondisi cuaca yang tidak menentu yang dapat menimbulkan bencana.

"Seluruh SKPD melakukan koordinasi dan melaksanakan tupoksinya masing-masing dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam merayakan tahun baru," pesan Pj Bupati Herman.

Terakhir, Pj Bupati Herman juga mengingatkan agar seluruh personel yang bertugas mengamankan malam tahun baru senantiasa menjaga stamina sehingga pada saat selesainya tugas dapat berkumpul kembali dengan keluarga dalam keadaan sehat. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler