Perbankan Minta Darmin Longgarkan BMPK

Senin, 26 Juli 2010 – 13:03 WIB

JAKARTA — Terpilihnya Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia disambut baik kalangan PerbankanSelain ucapan selamat, banyak harapan dari kalangan Perbankan terhadap Bank Indonesia dibawah kepemimpinan mantan Direktur Jenderal Pajak ini.

Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini berharap dengan terpilihnya Darmin, BI dapat melonggarkan Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) Bank Mandiri

BACA JUGA: Harga Sembako Masih Tidak Jelas

"Kami menyambut baik (Darmin jadi Gubernur BI) dan mohon dukungan
Terutama untuk kelonggaran BMPK kepada debitur-debitur utama kita seperti Pertamina, PLN yang saat ini masih dibatasi 30 persen daripada modal Bank Mandiri

BACA JUGA: PLN Tarakan Pertahankan TDL

Padahal mereka membutuhkan kredit modal yang lebih besar,’’ kata Zulkifli pada wartawan, Senin (26/7).

Bila BMPK bisa dilonggarkan, terutama untuk sektor industri strategis, Zulkifli yakin hal itu akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat
Selain itu, kalangan perbankan juga berharap BI di bawah kepemimpinan Darmin dapat mendukung keinginan perbankan nasional untuk dapat membuka cabang-cabang di luar negeri.

"Kami sangat berharap bisa mendukung fungsi intermediasi serta mendukung kita membuka cabang-cabang di luar negeri dan memberi kemudahan untuk membuka outlet didalam negeri seperti halnya Bank asing di Indonesia," ucapnya.

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sofyan Basyir juga menyampaikan hal serupa

BACA JUGA: Janji Dongkrak Daya Saing Kakao

Ia menyambut positif terpilihnya Darmin NasutionSosok Darmin dinilao Sofyan sangat cocok untuk mengisi kursi Gubernur BI.

"Darmin itu harapan kami, karena dia sangat menguasai makro dan riil sektorPengalamannya sudah bersentuhan dengan Perbankan karena pernah di Bapepam dan Ditjen PajakDengan pengalaman yang komplit sehingga mudah bagi kami untuk berkomunikasi kapan saja," kata Sofyan.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Klaim Harga Sembako Turun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler