Perdana, UNSIA Gelar Wisuda Menggunakan Metaverse

Senin, 24 Juni 2024 – 13:25 WIB
Perguruan tinggi swasta siber pertama, Universitas Siber Asia (UNSIA) menggelar wisuda perdananya pada Minggu (23/6). Foto: UNSIA

jpnn.com, JAKARTA - Perguruan tinggi swasta siber pertama, Universitas Siber Asia (UNSIA) menggelar wisuda perdananya pada Minggu (23/6). Wisuda dilakukan secara hybrid, di mana wisudawan dilantik secara langsung dan juga daring dengan menggunakan teknologi metaverse dan virtual reality.

Wisuda ini menjadi tonggak sejarah penting bagi perjalanan UNSIA, yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 2020. UNSIA melantik 53 orang wisudawan dari lima program studi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada jenjang S1 yang berbeda, yaitu manajemen, akuntansi, sistem informasi, informatika, dan komunikasi.

BACA JUGA: Dimenangkan MK, Irman Gusman sedang Hadiri Wisuda Putrinya di AS

Bahkan wisudawan yang hadir secara online, merupakan warga negara Indonesia yang saat ini berdomisili di Korea Selatan.

Rektor dan jajaran pimpinan menggunakan teknologi metaverse, untuk melantik mahasiswa di program studi informatika yang berdomisili di Korea Selatan.

BACA JUGA: Universitas Al-Ahgaff Yaman Menggelar Wisuda, Mayoritas Wisudadari Indonesia

Pada saat pelantikan, rektor dan jajaran menggunakan alat virtual reality (VR) yang disematkan di kepala dan tangannya. Pelantikan secara metaverse ini disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir dalam wisuda perdana UNSIA.

‘’Kami sangat bangga kepada para wisudawan yang dilantik hari ini, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga luar negeri. Hal ini sejalan dengan visi dan misi UNSIA untuk mendukung program pemerintah, yaitu untuk meningkatkan jumlah usia produktif lulusan SMA/SMK dan sederajat yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi,” jelas Rektor UNSIA Prof. Jang Youn Cho dalam keterangan yang diterima, Senin (24/6).

BACA JUGA: Wisuda Ke-79 UMJ, Rektor: Lulus Kuliah Tidak Otomatis Bekerja, Orang Tua Harus Sabar

Dia mengungkapkan penggunaan teknologi metaverse ini merupakan bentuk komitmen universitas siber untuk selalu menghadirkan teknologi terkini yang mendukung pembelajaran di UNSIA di era Cyber Society.

“Ini wujud komitmen kami dalam menghadirkan teknologi terkini,” kata dia.

Selain itu, dia menambahkan UNSIA akan segera menambah program studi baru di jenjang S1 dan S2, yaitu dengan membuka magister administrasi bisnis, komputer dan komunikasi, serta program studi S1 PJJ Bahasa Korea. UNSIA pun terus melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai institusi di luar negeri.

“Hal ini guna mendukung cita-cita menjadi universitas yang terkemuka di kawasan ASEAN, dan menjadi hub atau penghubung universitas siber di kawasan Asia,” bebernya.

Pada wisuda kali ini, wisudawan mendapatkan pembekalan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi periode 2014-2019 Prof. H. Mohamad Nasir yang hadir sebagai keynote speaker. Dalam sambutannya, Prof Nasir menyampaikan universitas harus memiliki langkah strategi untuk menyikapi tantangan di era industri 4.0 dan era society 5.0.

‘’Perguruan Tinggi harus berdaya saing dalam bidang perubahan dan pembaruan pendidikan yang mengombinasikan keunggulan akademik, kebutuhan pasar, dan kebutuhan masyarakat,” ujarnya. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wisuda UMB 2024, Rektor Sampaikan 3 Pesan Penting soal Kepemimpinan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
unsia   Metaverse   Wisuda   Kampus  

Terpopuler