Perhutani Gandeng PT LEN Petakan Hutan Dengan Drone

Rabu, 26 Oktober 2016 – 20:18 WIB
Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M. Mauna. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Perum Perhutani mengandeng PT LEN Industri menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Penggunaan Sistem Pengendali Pesawat terbang Tanpa Awak (PTTA).

Kerjasama itu dilakukan untuk menunjang kegiatan pengelolaan sumberdaya hutan Perhutani.

BACA JUGA: Soal Relaksasi Ekspor Mineral Mentah, Begini Kata Archandra Tahar

Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M. Mauna mengatakan teknologi drone atau pesawat tanpa awak akan membantu mengoptimalkan kegiatan operasional pengelolaan hutan Perhutani.

"Karena alat ini bisa dimanfaatkan untuk menginventarisir pokok pohon, memonitor kondisi tegakan di lapangan dengan lebih baik. Nantinya alat akan dilengkapi night vision, sehingga bisa membantu menjaga pohon dari pencurian," tutur Denaldy.

BACA JUGA: Menteri Jonan Tetapkan Program Prioritas di Sektor ESDM

Pesawat terbang tanpa awak (drone) adalah sebuah mesin terbang yang dilengkapi kamera, berfungsi dengan kendali pilot jarak jauh dan mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.  

Perum Perhutani mengelola hutan 2,4 juta ha di Pulau Jawa dan Madura, dengan penerapan komposisi tebang dan tanam adalah 1 : 9 yang artinya setiap tebang diikuti dengan penanaman sembilan kalinya.

BACA JUGA: Budidaya Tebu, Perhutani Bersama PTPN III Holding dan RNI Jalin Sinergi

Total area pengelolaan hutan Perhutani Group termasuk delapan anak perusahaan mencapai 3.7 juta ha.

Dengan luas kawasan hutan tersebut kerapkali Perhutani memiliki persoalan terkait tata waktu dalam perencanaan pengelolaan hutan, pengawasan dan perlindungan hutan yang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

“Dengan memanfaatkan drone ini, Perhutani akan dapat melakukan peliputan 2,4 juta ha kawasan hutan sangat efektif. Selain itu tingkat akurasi data yang diambil sangat tinggi mencapai 5-8 cm/pixel. Teknologi ini akan kita manfaatkan untuk memastikan dan memantapkan perencanaan hutan," tuturnya.

Bahkan melakukan pengawasan hutan dari udara pada malam hari dengan drone night vision. Sehingga juga bisa membantu polisi hutan (polhut) di lapangan.(chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amway Luncurkan Flora Chic


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler