Peringatan Dini BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem yang Menyebabkan Bencana Alam

Minggu, 22 Agustus 2021 – 08:56 WIB
BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang menyebabkan bencana alam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem beberapa hari mendatang.

Pasalnya dikutip dari laman resmi BMKG.go.id potensi puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, dan hujan es masih berpotensi melanda wilayah Indonesia.

BACA JUGA: Waduh! BMKG Sebut Tsunami Akibat Gempa Megathrust Selat Sunda Bisa Sampai Jakarta

BMKG juga meminta masyarakat untuk mewaspadai dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem berupa bencana alam seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Menurut BMKG cuaca ekstrem berpotensi melanda sejumlah wilayah pada 22-23 Agustus. Adapun wilayah itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

BACA JUGA: Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan, Angin Kencang, hingga Banjir

"Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," tulis BMKG.

Masih dari laman BMKG, cuaca ekstrem berlanjut pada 24-26 Agustus 2021 yang berpotensi melanda wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung.

BACA JUGA: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, BMKG Minta Masyarakat Waspada Bencana Hidrometeorologi

"Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua," tulis BMKG.

BMKG menambahkan kondisi cuaca pada periode 20-26 Agustus 2021 cukup bervariasi.

Wilayah Bali hingga Nusa Tenggara akan cenderung cerah berawan.

Namun, ada wilayah yang berawan dengan potensi hujan intensitas sedang dan lebat yang bersifat lokal akan terjadi di sebagian wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Sementara untuk wilayah Sumatera, sebagian besar akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," katanya.

Di wilayah Kalimantan akan dominan hujan ringan dengan potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

"Potensi curah hujan yang cukup signifikan diperkirakan terdapat di sebagian besar wilayah Sulawesi bagian tengah, Maluku, dan Papua," tulis BMKG. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler