Peringati 115 Tahun Lelang Indonesia, DJKN Lelang Alphard hingga Mercy

Jumat, 14 Juli 2023 – 07:00 WIB
Melalui platform digital lelang.go.id, DJKN turut mendukung program pemberdayaan UMKM guna memperluas jangkauan pemasaran produk. Foto: Dok Twitter DJKN @DitjenKN

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan selalu melakukan pengembangan guna mewujudkan lelang yang mudah, objektif, dan aman.

Hal ini ditandai dengan diluncurkannya domain lelang.go.id pada tahun 2018. Dengan pengembangan tersebut, DJKN mencatat transaksi lelang per 31 Mei 2023 mencapai Rp 12,73 triliun.

BACA JUGA: Tergiur Barang Lelang Tegahan Bea Cukai? Ingat Jangan Tertipu, Simak Nih Ketentuannya!

Dari transaksi tersebut, menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 0,27 triliun.

Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, Joko Prihanto menjelaskan, kinerja lelang ini berasal dari berbagai jenis lelang, baik lelang eksekusi, noneksekusi, maupun lelang sukarela atas permohonan dari perorangan atau badan.

BACA JUGA: Bea Cukai Lelang Barang Eks Kepabeanan Bernilai Miliran di Semarang

“DJKN selalu berusaha mengoptimalkan fungsi lelang sebagai sarana jual beli, untuk mendukung penegakan hukum, serta tertib administrasi negara dalam kerangka fungsi publik dan mengumpulkan penerimaan negara,” sebut Joko.

Melalui platform digital lelang.go.id, DJKN turut mendukung program pemberdayaan UMKM guna memperluas jangkauan pemasaran produk.

BACA JUGA: KPK Lelang Mobil hingga Sepeda Road Bike Mewah, Harganya di Bawah Pasar, Catat Waktunya

Dengan memanfaatkan lelang.go.id, UMKM Indonesia diharapkan menjadi lebih kuat, lebih berdaya, dan memberi kontribusi yang lebih besar lagi bagi perekonomian Indonesia.

Joko menegaskan bahwa tahun ini, sudah 115 tahun lelang hadir di Indonesia.

“Saat ini DJKN sedang melaksanakan re-engineering portal Lelang Indonesia untuk membangun proses bisnis lelang yang lebih simple, modern, dan adaptif dengan skala enterprise”, ungkap Joko.

Di sisi lain, perkembangan teknologi ternyata juga memberikan tantangan dengan menjamurnya sindikat penipuan lelang di Indonesia.

Untuk menghadapi hal tersebut, DJKN terus berupaya untuk menggaungkan dan mengintensifkan kampanye antipenipuan lelang.

Transformasi pegembangan lelang di Indonesia menuju pasar dunia, menurut Joko perlu dilandasi semangat kebangsaan.

“Semangat kebangsaan yang mencerminkan cinta tanah air menjadi landasan dalam pengembangan lelang baik proses maupun outputnya,” ujarnya.

Bermodal semangat ini, DJKN akan menggelar acara memperingati 115 Tahun Lelang dengan tema “Semangat Kebangsaan Melandasi Pengembangan Lelang Menuju Pasar Dunia”, yang rencananya akan digelar pada Selasa (18/7/20230 di Jakarta.

Acara ini nantinya, akan diramaikan dengan pelaksanaan lelang beberapa unit mobil di antaranya Toyota Alphard, dan Mercy, serta barang-barang seni yang diselenggarakan oleh Balai Lelang JBA dan IBID Balai Lelang Serasi secara online maupun dengan kehadiran peserta.

Untuk diketahui, Balai Lelang merupakan badan hukum berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang khusus didirikan untuk melakukan kegiatan usaha di bidang lelang.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler