Peringati Hari Lingkungan Hidup, KLHK dan B2W Gelar Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia

Minggu, 05 Juni 2022 – 18:53 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Bike to Work untuk memperingati HLH pada Minggu (5/6). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Bike to Work (B2W) untuk menggelar Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia pada Minggu (5/6).

Lebih dari seribu pesepeda dari berbagai komunitas di Jadetabek mengikuti agenda tersebut. Mereka melewati rute dari Balai Kota DKI Jakarta sampai Gedung Manggala Wanabakti KLHK.

BACA JUGA: KLHK Gandeng Ribuan Pesepeda Kampanyekan Satu Bumi untuk Masa Depan

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Sigit Reliantoro menyatakan, masyarakat akan menggunakan renewable energi sehingga harus didorong untuk mau beralih ke energi ramah lingkungan.

Salah satunya, bersepeda untuk mobilisasi harian.

BACA JUGA: Gandeng Komunitas Ciliwung, KLHK Ingin Kualitas Air Sungai Lebih Baik

"Kami harus memulainya. Salah satunya dengan bersepeda. Kami juga mendorong dengan menggunakan mobil listrik. Ini mestinya akan menjadi gerakan masyarakat secara bersama-sama," ujarnya

Dia melanjutkan, Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia pada Peringati HLH sekaligus memperingati Hari Sepeda Dunia pada 3 Juni 2022.

BACA JUGA: Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Bareng Komunitas Gelar Bersih Ciliwung

Dia menjelaskan, peringatan HLH tahun ini memberikan porsi besar pada ajakan kepada generasi muda untuk menjadi bagian dari gerakan lingkungan.

"Jadi, konsepnya kami menyerahkan bumi ini kepada anak-anak muda sebagai generasi mendatang," jelasnya.

Hari Sepeda Sedunia yang diperingati pada 3 Juni dan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati 5 Juni melahirkan inisiatif untuk bersinergi dan mendorong gerakan bersepeda melalui penyelenggaraan ini.

Kegiatan tersebut juga merupakan wujud nyata dan komitmen para pesepeda untuk mengurangi gas rumah kaca (GRK).

Memasyarakatkan gerakan bersepeda melalui kegiatan bersepeda bersama ini bertujuan mengajak, mendorong, dan mengedukasi masyarakat untuk berkontribusi mengurangi emisi GRK yang bersumber dari kendaraan bermotor.

Harapannya adalah menjaga kualitas udara makin bersih, menjadikan sepeda sebagai moda transportasi dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Aksi bersepeda ini merupakan rangkaian memperingati HLH Sedunia yang. KLHK juga menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup untuk Indonesia yaitu Satu Bumi untuk Masa Depan.

Pemilihan tema tersebut menjadi pengingat bahwa bumi adalah satu-satunya rumah kita yang sampai saat ini masih bergandengan erat dengan krisis lingkungan.

Ada beberapa kegiatan bertajuk lingkungan. Misalnya, deklarasi para pesepeda untuk berkomitmen menggunakan sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari, mendorong jalur khusus pesepeda, dan terlibat dalam program ramah lingkungan.Harapannya gerakan bersepeda menjadi budaya masyarakat. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler