Gandeng Komunitas Ciliwung, KLHK Ingin Kualitas Air Sungai Lebih Baik

Sabtu, 04 Juni 2022 – 19:56 WIB
KLHK bersama komunitas mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik. Foto: KLHK

jpnn.com, DEPOK - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama 36 komunitas menggelar aksi bersih sungai Ciliwung di enam titik di Kota Depok yang mencakup Kecamatan Sukmajaya, Pancoran Mas, dan Beji, Sabtu (4/6).

Aksi bersih-bersih sungai itu menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati pada 5 Juni setiap tahunnya.

BACA JUGA: Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Bareng Komunitas Gelar Bersih Ciliwung

Kegiatan itu bertujuan untuk mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik.

Direktur Pengendalian Pencemaran Air, Nety Widayati mengatakan pihaknya menggerakan komunitas dengan harapan sebagai fasilitator, sehingga masyarakat bisa berubah pemikirannya.

BACA JUGA: KLHK Minta BPOM Juga Perhatikan Dampak Lingkungan Terkait Hal Ini

"Kami menggerakkan masyarakat melalui komunitas dengan harapan mindsetnya menjadi lebih peduli ke lingkungan, dan hasilnya terlihat jika kualitas air sungai Ciliwung membaik," ujar Nety dalam siaran persnya, Sabtu.

Pencemar terbesar sungai, disebut Nety, berdasarkan data pemantauan berasal dari limbah domestik rumah tangga.

BACA JUGA: KLHK Ungkap 2 Instrumen Pembiayaan untuk Perlindungan Lingkungan Hidup

Untuk itu, melalui gerakan peduli sungai seperti ini diharapkan limbah domestik rumah tangga yang masuk ke sungai akan bisa terkurangi.

Sebab, masyarakat akan semakin teredukasi pentingnya sungai yang bersih.

"Agar limbah pencemar domestik bisa tertangani karena seluruh masyarakat berubah pola pikirnya," ujarnya.

Nety menyebutkan berdasarkan tren status mutu air sejak 2015 lalu terus menunjukkan perbaikan, meski belum semuanya dalam kondisi baik.

Sejalan dengan hal itu, Ketua Komunitas Sahabat Ciliwung hidayat menyatakan jika permasalahan air dan sampah di Sungai Ciliwung dari tahun ke tahun mulai membaik.

Hal itu disebutnya merupakan hasil upaya bersama semua pihak mulai dari masyarakat, komunitas, pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, dunia usaha, dan media massa.

"Hari ini kita lakukan aksi bersih sungai dengan kekuatan sekitar 200 orang, menggunakan 10 perahu karet untuk yang di air, lalu juga ada teman-teman atau relawan yang berkegiatan di bantaran sungai di beberapa titik," ujarnya.

Dari gerakan bersih Sungai Ciliwung ini berhasil terkumpul sampah seberat 780 Kg.

Hadir dalam gerakan bersih sungai Ciliwung ini perwakilan dari Dinas PUPR Kota Depok, Dinas LH Kota Depok, beberapa anggota Pramuka, dan Mapala sekitar kota Depok. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KLHK Dorong Perambah Hutan di Kawasan Tahura Bukit Mangkol Dihukum Berat, Ini Alasannya


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler