Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Bareng Komunitas Gelar Bersih Ciliwung

Sabtu, 04 Juni 2022 – 15:13 WIB
Direktur Pengendalian Pecemaran Air Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Nety Widayati. Aristo/JPNN

jpnn.com, DEPOK - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama 36 komunitas menggelar aksi bersih Sungai Ciliwung sebagai bagian dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2022.

KLHK bersama komunitas dari pemerhati Ciliwung menggelar bersih-bersih di enam titik di Kota Depok yang mencakup Sukmajaya, Pancoran Mas, dan Beji, Sabtu (4/6).

BACA JUGA: Sudahkan Konsumen Terlindungi Dari Penggunaan AMDK?

Direktur Pengendalian Pecemaran Air Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Nety Widayati berharap kegiatan bebersih Sungai Ciliwung menggerakkan kesadaran masyarakat.

Utamanya, kata dia, masyarakat bisa bersama-sama menjaga Ciliwung agar tidak tercemar limbah.

BACA JUGA: Menteri LHK Siti Tekankan Solidaritas dan Kolaborasi dalam Aksi Lingkungan

"Jadi, masyarakat berubah mindset-nya menjadi lebih peduli kepada lingkungan dan hasilnya terlihat jika kualitas air sungai Ciliwung membaik," kata Nety ditemui di Depok, Jawa Barat, Sabtu ini.

Wanita berkacamata itu mengatakan data dari KLHK menyebut limbah domestik rumah tangga menjadi sumber pencemar sungai.

BACA JUGA: KLHK Minta BPOM Juga Perhatikan Dampak Lingkungan Terkait Hal Ini

Dari situ, kata Nety, perlu gerakan bersama demi menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya kebersihan sungai.

"Jika dengan kami menggerakkan komunitas, sehingga komunitas menggerakkan masyarakat yang ada agar limbah pencemar domestik bisa tertangani karena seluruh masyarakat berubah pola pikirnya," kataya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sahabat Ciliwung Hidayat menyatakan permasalahan air dan sampah di Sungai Ciliwung dari tahun ke tahun mulai membaik. 

Hal itu disebutnya hasil bersama semua pihak mulai dari masyarakat, komunitas, pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, dunia usaha, dan media massa.

"Hari ini kita lakukan aksi bersih sungai dengan kekuatan sekitar 200 orang, menggunakan 10 perahu karet untuk yang di air, lalu juga ada teman-teman atau sukarelawan yang berkegiatan di bantaran sungai di beberapa titik," ujarnya.

Dari gerakan bersih Sungai Ciliwung ini berhasil terkumpul sampah seberat 780 Kg. Sampah kemudian akan diangkut menuju TPA Cipayung, Depok. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BBKSDA Sumut Melepasliarkan Orang Utan Sumatera ke Taman Nasional Gunung Leuser


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler