Periskop untuk Penonton di Belakang

Sabtu, 30 April 2011 – 08:53 WIB
Foto: AP

LONDON - A national festival.  Rasanya, ungkapan itu pas untuk  disematkan pada hari pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton kemarinWarga London dan kota-kota lain berbaur bersama warga berbagai negara,  memenuhi pusat kota

BACA JUGA: Lebih Romantis dari Charles - Diana

Ribuan di antara mereka memilih berbaris di rute prosesi
Ratusan ribu yang lain memilih menghabiskan hari di pesta-pesta jalanan yang tersebar di seluruh penjuru ibu kota

BACA JUGA: Perang Libya Merembet ke Tunisia



Kemeriahan itu berbanding terbalik dengan jalanan di sekitar lokasi pernikahan yang begitu sepi dari kendaraan
Memang, arus lalu lintas dialihkan

BACA JUGA: ASCC Sepakat Fokuskan Peningkatan Kerjasama Isu Prioritas

Selain itu, pemerintah menyatakan momen royal wedding itu sebagai hari libur nasionalPasSebab, dengan libur itu, warga bisa total merayakan perkawinan pangeran yang ada di antrean nomor dua takhta Inggris tersebut.

Selain mereka yang sudah menginap sekitar tiga hari sebelum hari-H kemarin, aliran warga seolah tidak putus pada pagi hari pernikahan tersebutTetapi, tidak semuanya bisa masuk ke dekat tempat prosesiPukul 05.00, areal prosesi sudah tertutup bagi pejalan kaki.

Polisi, tampaknya, ingin menjaga agar tingkat kepadatan massa di sekitar rute prosesi tidak terlampau tinggi"Kalau overcrowded, itu bahaya,' kata seorang sukarelawan yang bertugas memecah massa yang akan datang ke jalur prosesiDia lantas mengarahkan orang-orang agar datang ke sejumlah tempat 'nonton bareng' yang difasilitasi oleh pemerintah Kota London

Yang paling dekat dari lokasi pernikahan adalah Trafalgar Square yang terletak di ujung The Mall, jalan besar di depan istanaJuga di Green Park, taman di depan istanaYang paling besar, barangkali, di Hyde Park, taman milik kerajaan yang terletak di kawasan Knightsbridge.

Tidak kurang dari setengah juta orang, menurut BBC, memenuhi tempat nonton bareng di Hyde ParkTetapi, taman itu tetap terasa lapangSebab, Hyde Park memang begitu besarTerlalu besar untuk dipenuhi 500 ribu orang 'saja'.

Di sekitar rute prosesi banyak orang yang membagikan periskop kertas berukuran cukup besarBentuknya persegi, lengkap dengan sepasang kaca di depannyaApa gunanya" Ternyata, itu untuk orang-orang yang kebagian tempat belakang saat menonton prosesiDaripada jinjit-jinjit atau naik pohon, intip saja lewat periskop, pasti bisa melihat depan dengan jelas tanpa harus terhalangi kepala orang lain.

Pagi itu, orang-orang seakan menjadikan London sebagai arena pestaMereka berdandan seheboh-hebohnyaYang terbanyak adalah memakai baju atau topi bermotif benderaYang lain lebih hebohMisalnya,  mengenakan baju besi kesatria hingga baju pengantin lengkap.

"Semoga kalau melihat ini  Pangeran William berubah pikiran dan memilih saya," kata Jo, dari London, lantas terbahakPagi itu, dia datang ke Hyde Park bersama tiga kawannyaSemua memakai baju pengantin(dos/c1/iro)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Vonis Mati Empat Demonstran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler