Perjalanan Jauh Menyenangkan dengan Kereta Api

Rabu, 29 Juli 2020 – 23:47 WIB
Ilustrasi tempat duduk kereta api. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kereta api kini menjadi salah satu transportasi umum yang mulai dipilih publik untuk perjalanan jauh, selain pesawat.

Dibandingkan dengan angkutan umum yang lain, kereta api bisa memberikan pengalaman yang sangatlah seru dan tak terlupakan.

BACA JUGA: Penumpang Kereta Api Kini Bisa Rapid Test di Stasiun, Ini Syaratnya

Anda bisa melihat pemandangan yang lain dari biasanya dari jendela kereta api. Layaknya bepergian dengan transportasi umum yang lain, Anda juga perlu membeli tiket kereta api terlebih dahulu.

Kabar baiknya, tiket kereta api kini bisa didapatkan dengan berbagai macam cara. Anda bisa membelinya secara langsung di loket stasiun terdekat dan secara online melalui situs resmi PT KAI atau situs penjualan lainnya.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: FPI Sebut Pemerintah Gagal, Cuti PNS, Nasir Mempermalukan Demokrat dan AHY

Bagi Anda yang tidak sempat mengunjungi stasiun secara langsung, membelinya secara online tentu bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Cari Tahu Fasilitas dan Karakteristik Kelas Kereta Api

BACA JUGA: Naik Kereta Api Jarak Jauh Kini tak Perlu SIKM Lagi


Tahukah Anda bahwa tiket kereta api terbagi menjadi beberapa kelas yang berbeda. Di mana masing- masing kelas tersebut menawarkan fasilitas yang berbeda juga.

Semakin mewah fasilitas yang Anda dapatkan, membuat Anda perlu mengeluarkan uang yang lebih mahal.

Adanya pembagian kelas ini akan semakin memudahkan para penumpang untuk memilih mana jenis tiket yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Hingga saat ini, telah tersedia empat kelas tiket kereta api yang bisa Anda pilih, yakni kelas Ekonomi, Eksekutif, Bisnis, dan yang terbaru Premium.

Sebelum memutuskan untuk membeli tiket yang mana, ketahui terlebih dahulu perbedaan dari masing-masing kelas kereta api berikut ini:

1. Kelas Ekonomi

Dibandingkan dengan kelas yang lain, kelas ekonomi jelas yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pasalnya, kelas ekonomi menawarkan harga tiket kereta api yang murah dan sangat bersahabat. Kapasitas penumpang pada kelas ekonomi juga yang paling banyak dibandingkan yang lain, yakni kisaran 80 hingga 160 orang.

Meski dijual dengan harga yang murah, fasilitas di kelas ekonomi juga terbilang cukup nyaman. Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas seperti AC dan juga stop kontak.

Bahkan, beberapa kereta api juga telah menambahkan fasilitas TV pada kelas ekonominya. Fasilitas yang terbilang cukup lengkap dan nyaman ini membuat para penumpang tidak ragu untuk membeli tiket ekonomi.

Fasilitas publik lainnya seperti bagasi dan toilet juga terdapat di kelas ekonomi, lho. Perihal posisi duduknya, Anda akan saling berhadapan dengan sesama penumpang lain.

Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk saling berkenalan dengan penumpang lain. Tingginya antusias masyarakat terhadap tiket ekonomi seringkali membuatnya mudah terjual habis.

Anda yang berniat memesan tiket satu ini, perlu melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir jika akan kehabisan tiket.


2. Kelas Eksekutif

Eksekutif menjadi tingkatan kelas yang paling tinggi diantara kelas yang lainnya sehingga bisa dibayangkan betapa lengkap dan nyamannya fasilitas yang ada di kelas satu ini.

Selain dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, stop kontak, dan rak bagasi, Anda juga bisa menemukan fasilitas lainnya seperti meja makan, reclining seat, dan rotary seat.

Fasilitas rotary seat membuat Anda bisa dengan leluasa memutar atau mengubah posisi bangku sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda.

Tingkat kenyamanan yang ditawarkan kelas eksekutif seringkali dipilih oleh mereka yang melakukan perjalanan jarak jauh.

Banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh kelas eksekutif, membuat harga tiketnya juga dijual dengan harga yang mahal.

Untuk kapasitasnya sendiri, pada satu rangkaian kereta api umumnya dilengkapi hingga 50 penumpang eksekutif.


3. Kelas Bisnis

Fasilitas yang ditawarkan oleh kelas bisnis tidak jauh berbeda dengan kelas eksekutif. Hanya saja, Anda tidak bisa menemukan fasilitas reclining seat pada kelas yang satu ini.

Terlepas dari fasilitas reclining seat, fasilitas yang ada di kelas eksekutif bisa ditemukan pada kelas bisnis. Kapasitasnya juga tidak jauh berbeda dengan kelas eksekutif, umumnya kelas bisnis memiliki kapasitas hingga 64 penumpang.

Untuk harganya, kelas bisnis dijual dengan harga yang tidak semahal kelas eksekutif namun tidak semurah kelas ekonomi.


4. Kelas Premium

Jika ketiga kelas sebelumnya sudah ada sejak lama, kelas premium terbilang cukup baru. Bahkan, kelas premium juga hanya tersedia pada jalur kereta api tertentu saja.

Umumnya, Anda baru bisa menemukan tiket premium jika bepergian ke kota-kota besar. Fasilitas yang dimiliki kelas premium hampir sama dengan kelas bisnis.

Bedanya, pada kelas premium Anda bisa menemukan layar hiburan sentuh. Fasilitas baru ini akan membuat perjalanan Anda menggunakan kereta api terasa tidak membosankan.

Untuk posisi duduknya, Anda juga tidak akan berhadapan dengan penumpang yang lain. Tiket ini akan sangat cocok bagi Anda yang akan melakukan perjalanan kereta api seorang diri.

Setelah mengetahui perbedaan dari masing-masing kelas kereta api di atas, kini saatnya Anda memutuskan mana kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Namun, tidak ada salahnya jika suatu hari Anda mencoba sensasi dari setiap kelas kereta api yang ada. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler