Perjanjian Bersejarah Taiwan-Tiongkok

Rabu, 30 Juni 2010 – 14:46 WIB
DITENTANG - Demo salah satu kelompok di Taiwan sebagai penentang hubungan dengan Tiongkok. Foto: RFI.fr.

CHONGQING - Taiwan dan Tiongkok untuk kali pertama menandatangani traktat perdagangan bersejarah sejak berpisah 60 tahun lalu, kemarin (29/6)Langkah tersebut diambil di tengah upaya rekonsiliasi di antara kedua negara rival itu.

Perjanjian Kerangka Kerja Sama Ekonomi, yang disebut kedua negara sebagai pondasi dan perdagangan penting di era kerja sama regional tersebut, ditandatangani oleh perwakilan dua belah pihak di Kota Chongqing, Tiongkok.

Penandatanganan perjanjian tersebut, menunjukkan titik kulminasi dari kebijakan pemerintah Taiwan yang lebih bersahabat dengan Beijing, di bawah kepemimpinan Presiden Ma Ying-jeou

BACA JUGA: Biksu Mesum Rekam Ratusan Wanita Mandi

Ma menduduki posisi presiden Taiwan pada 2008.

"Ini juga menjadi langkah maju di tengah tren integrasi ekonomi regional dan globalisasi," ujar Ketua Delegasi Taiwan, Chiang Pin-kung seperti dilansir Agence France-Presse.

Sejumlah pihak yang berpihak kepada kebijakan anti-Tiongkok di Taiwan, mengatakan bahwa perjanjian tersebut merupakan langkah politik yang berpotensi bahaya bagi negara pulau tersebut
Karena akan semakin mendekatkan Taiwan ke Tiongkok, sejak berpisah pada 1949

BACA JUGA: Aquino Umumkan Kabinet Baru

Penolakan pun merebak.

"Perjanjian ini menambah keprihatinan bagi kami bahwa negara ini akan bergerak mendekat ke daratan (Tiongkok daratan)," terang Yang Yung-ming, pengamat politik dari Soochow University, Taipei
"Ketika Taipei semakin percaya terhadap Beijing secara ekonomi, pilihan politiknya bisa semakin direduksi," paparnya seperti dikutip Associated Press.

Sebagai bentuk penolakan terhadap perjanjian tersebut, ribuan demonstran menggelar aksi di Taipei akhir pekan lalu

BACA JUGA: Suksesi di Korea Utara Kian Nyata

Di antara demonstran tampak mantan presiden Taiwan Lee Teng-huiDalam orasinya dia menegaskan, perjanjian tersebut akan melukai rakyat TaiwanJutaan rakyat Taiwan bangga dengan sistem demokrasi dan kesejahteraan yang bisa diraih saat ini(cak/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rombongan DPR Menuju Gaza


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler