Perjuangan Imam Mendirikan Toko topscore, dari Rp 6 Ribu sampai 7 Cabang

Kamis, 08 Juni 2023 – 13:29 WIB
Toko topscore kini memiliki tujuh cabang di Indonesia. Foto: source for jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Sejak berdiri pada 2014, toko sepatu dan perlengkapan olahraga topscore kini sudah punya tujuh cabang, yakni di Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, dan Surabaya. 

Toko topscore tak hanya ramai dikunjungi masyarakat awam, tetapi juga atlet profesional.

BACA JUGA: Pengusaha Engineering Lulusan Amerika Ini Beralih Jadi Kreator Konten, Alasannya Sungguh Mulia

"Perlu tekad kuat dan pantang putus asa dalam membangun usaha di atas kaki sendiri, kata CEO topscore Imam Choirul Roziqin dalam keterangan tertulis, Kamis (8/6).

Imam memulai usahanya dari bawah, dari nol.

BACA JUGA: Rionaldo Putra, Si Abang None yang Kini Jadi Pengusaha Sukses

Dia hanya bermodal toko teman yang tutup, dipinjamkan aset sebesar Rp 150 juta untuk dijual.

Hati Imam tak goyah meski pada awal merintis hanya mendapatkan keungungan Rp 6000.

BACA JUGA: Kisah Sukses UMKM Binaan Pertamina: Dari Bengkel Rumahan, Merambah ke Jual Beli Kendaraan

Imam bolak-balik Jakarta-Bogor demi memenuhi kebutuhan beberapa pelanggan waktu itu.

"Dari 150 juta tadi, saya olah secara sungguh-sungguh hingga saat ini asetnya sudah mencapai nilai yang jauh lebih besar," tutur Imam.

"Saya mengolah keuntungan dengan menjadi reseller di toko olahraga lain di kawasan Bogor. Saat ini toko tersebut masih berdiri," imbuhnya.

Kecintaannya pada olahraga membuat Imam enjoy menjalani usaha yang membesarkan namanya.

"Sebenarnya tidak ada cita-cita khusus, tetapi memang saya mendapatkan kesempatan menjual produk-produk dari dunia yang sangat saya suka, yaitu olahraga, khususnya sepak bola," ujar Imam.

"Menyenangkan bisa berbisnis di industri yang kita sukai, waktu terasa cepat dan menyenangkan. Kesulitan pun dianggap tantangan. Biasanya ide selalu tercetus kalau kita menggeluti industri yang kita sukai," imbuhnya.

Imam Choirul Roziqin. Foto: source for jpnn

Toko topscore kini berdiri tegap di tengah geliat persaingan peralatan olahraga.

"Kami memiliki konsep yang berbeda dari toko-toko olahraga lainnya. Salah satunya adalah memberikan konten inspiratif bagi para pembeli," ujar Imam.

Salah satu konten yang dimaksud seperti membahas detail merek sepatu dengan segala keunggulan dan kekurangannya melalui video hingga foto di media sosial.

"Kami memiliki visi menjadi perusahaan olahraga nomor 1 di Indonesia yang membawa kebahagiaan. Dari situ saja sudah tertera jelas bahwa kami adalah perusahaan human centered, perusahaan yang berorientasi kepada manusia. Customer senang karyawan juga senang, itu tujuan kami," kata Imam.

Dia menyadari, untuk mencapai itu pelayanan harus yang terbaik. "Mulai dari kerapihan toko, wangi. Kalau pelayanan online customer servisnya fast respons. Harus ramah," ujar Imam.

topscore juga menjadi salah satu pionir toko olahraga yang memberikan inspirasi kepada pelanggannya.

"Kami juga fokus soal kampanye-kampanye kreatif dan ide-ide yang unik. Jadi, kami punya branding dan marketing yang berbeda. Coba saja cek di media sosial kami (Instagram @topscoresport dan Youtube topscoretv), pasti selalu ada hal unik setiap harinya," tutur Imam. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler