Perkuat Dampak Positif Bagi Masyarakat, LPKR Usung Lippo untuk Indonesia Pasti

Selasa, 29 Agustus 2023 – 17:02 WIB
Siloam Hospitals berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Foto dok. Siloam Hospitals

jpnn.com, JAKARTA - PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) berupaya memberikan dampak sosial positif di tempat operasi bisnisnya.

Salah satunya dengan melibatkan masyarakat melalui program Lippo untuk Indonesia PASTI (Pintar-Asri-Sejahtera-Tangguh-Independen).

BACA JUGA: LPKR Meluncurkan Agenda Keberlanjutan 2030, Dorong Kinerja ESG

Group CEO LPKR John Riady menyampaikan sejak 2022, pihaknya telah meluncurkan kerangka kerja grup untuk dukungan dan keterlibatan masyarakat yang bertajuk Lippo Untuk Indonesia PASTI.

"Melalui PASTI, LPKR akan memperkuat dampak dengan menyelaraskan upaya tanggung jawab sosial (CSR) masing-masing unit bisnis dengan prioritas dan target, serta mengajak masyarakat untuk mencapai tujuan bersama," kata John Riady dalam keterangan resminya, Selasa (29/8).

BACA JUGA: Ini Strategi LPKR Hemat Energi & Air Mal

Inisiatif LPKR yang tercakup dalam PASTI mendukung agenda keberlanjutan Indonesia dan UN SDGs, serta kebutuhan masyarakat lokal yang dilayani.

LPKR juga telah melakukan aktivitas dalam kemitraan dengan lembaga pemerintah daerah dan organisasi nirlaba untuk sekaligus mendukung upaya berkelanjutan mereka.

BACA JUGA: Strategi LPKR Melakukan Investasi Ruang Hijau, Bisa Menurunkan Suhu

Dia menjelaskan Lippo untuk Indonesia PASTI juga mewujudkan semangat yang tegas dan berani mendorong kemajuan holistik agenda keberlanjutan Indonesia.

Di saat yang sama, LPKR juga berkomitmen meningkatkan kualitas hidup bagi semua pemangku kepentingan dalam ekosistem grup, guna memastikan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

Salah satu implementasi nilai Pintar diwujudkan melalui Pusat Pelatihan Siloam (STC) yang berdiri pada 2019, yang menyediakan program pelatihan medis berkualitas bagi para tenaga kesehatan profesional Indonesia di berbagai bidang.

Mulai dari perawatan kritis hingga pendidikan seputar Covid-19

Pada 2022, STC mengadakan 146 program pelatihan untuk 7.500 tenaga kesehatan profesional yang juga melibatkan pakar-pakar dan penyedia pelatihan pihak ketiga.

LPKR juga memberikan bantuan pendidikan kepada siswa sekolah yang kurang mampu di dalam dan sekitar kawasan. 

Di Lippo Village, LPKR mengadakan bakti sosial untuk mensubsidi biaya sekolah siswa, sedangkan di Tanjung Bunga, Makassar, LPKR mendukung renovasi dua sekolah dasar.

Untuk penanaman nilai Asri, LPKR melakukan serangkaian kampanye online dan offline meningkatkan kesadaran akan tujuan lingkungan hidup dan aksi iklim.

Selain memanfaatkan saluran media sosial dan papan buletin elektronik, LPKR juga mengkurasi berbagai acara bertema lingkungan seperti Ecoprint Fashion Week yang mengedukasi masyarakat tentang kelestarian lingkungan dan ekonomi sirkular.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye Earth Hour setiap tahunnya, mal dan hotel yang bernaung di bawah LPKR, mematikan semua penerangan yang tidak diperlukan.

Menerapkan nilai sejahtera, LPKR senantiasa memberikan bantuan kepada kelompok rentan, organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintah untuk mendukung mereka yang membutuhkan, terutama dalam upaya bantuan bencana. 

Selain itu, sejalan dengan komitmen untuk membangun masyarakat yang penuh semangat dan inklusif, LPKR sering menyelenggarakan dan mensponsori acara serta perayaan masyarakat yang menyatukan banyak orang dan mendorong interaksi sosial.

Dalam menerapkan nilai Tangguh, LPKR berperan aktif dalam membantu memerangi Covid-19 dengan mempercepat program vaksinasi nasional, mendistribusikan pasokan medis, mempromosikan langkah-langkah kebersihan yang baik, serta mendorong tindakan keselamatan Covid-19. 

"Sejak 2021, LPKR telah mendukung pemberian lebih dari 1,5 juta dosis vaksin melalui program vaksinasi yang diadakan di mal, kawasan, dan fasilitas kesehatan," terang John. 

Di samping itu, Siloam mengoperasikan 30 klinik kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut 8 di antaranya adalah klinik gratis yang memberikan layanan kesehatan kepada pasien yang kesulitan mendapatkan akses untuk perawatan medis sesuai.

Klinik-klinik ini difasilitasi untuk melakukan pelayanan medis dasar seperti vaksinasi polio, pemeriksaan tekanan darah, pelayanan pertolongan pertama, dan pelayanan rujukan. 

Pada 2022, Siloam membuka klinik ke-7 di Saman, Papua, sehingga memperluas layanan kesehatan ke lebih banyak daerah pedesaan dan daerah terpencil di wilayah timur Indonesia.

Dengan dukungan finansial dan operasional penuh dari Siloam, klinik di Papua kini melayani lebih dari 1.700 pasien setiap bulan.

Adapun dalam implementasi nilai Independen, LPKR berkomitmen menyediakan ruang dan platform untuk mempromosikan bisnis lokal dan produk para UMKM.

Contohnya, melalui program Festival UMKM Untuk Indonesia yang dilakukan Lippo Malls dengan mengkurasi 137 acara menampilkan produk-produk lokal buatan UMKM. Seperti pakaian batik, kerajinan tangan, dan makanan ringan. 

Melalui acara tersebut, Lippo Malls mendukung sekitar 3.000 UMKM di 25 kota pada 2022.

"Kami selalu berupaya menciptakan dampak sosial yang positif dan bermakna di tempat perusahaan beroperasi karena dukungan untuk masyarakat adalah lebih dari sekadar memberi, tetapi jembatan untuk membina kemitraan jangka panjang dengan para pemangku kepentingan," pungkas John Riady. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diversifikasi Pasar, LPKR Targetkan Prapenjualan Rp 4,9 Triliun 


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Lippo   LPKR   Indonesia   Siloam   PASTI   vaksinasi  

Terpopuler