Perkuat Moda Transportasi, Disiapkan Rp12 T

Senin, 01 Februari 2010 – 20:38 WIB
JAKARTA- Kementerian Perhubungan menganggarkan dana sebesar Rp12 triliun, untuk sarana empat moda transportasiDari jumlah tersebut, Rp56,85 miliar dialokasikan untuk angkutan umum, pelajar dan mahasiswa.

Menteri Perhubungan, Freddy Numberi, mengungkapkan anggaran tersebut akan diupayakan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (ABNP) 2010

BACA JUGA: Fadel: Pengadaan Kapal akan Diaudit BPK

Dia mengharapkan, anggaran tersebut dapat memenuhi semua moda transportasi untuk peningkatan pelayanan publik.

Namun, Freddy belum dapat memastikan besaran kuncuran anggaran untuk tiap-tiap moda transportasi
“Yang sudah jelas baru Perhubungan Darat karena sudah banyak daerah yang meminta," katanya.

Khusus untuk perhubungan darat, Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp500 miliar

BACA JUGA: Pemerintah Angkat 350 Ribu CPNS Baru

Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan angkutan penyeberangan, pembenahan terminal, dan pengadaan armada bus.

Dia mengharapkan, alokasi ini akan mendapatkan prioritas dalam APBNP alokasi, termasuk untuk termasuk pembangunan infrastruktur.

Freddy mengatakan pengadaan bus itu bertujuan memperbaiki keterhubungan pelayanan angkutan umum berbasis bus di kabupaten dan kota
"Meskipun anggaran kecil tetapi tujuan mulia dapat meningkatkan pelayanan angkutan umum di kabupaten dan kota," tambahnya.

Menurut Menhub, bantuan bus sejalan dengan kebijakkan strategis yang dibuat Kemenhub sejak 2005

BACA JUGA: Konflik Hukum Cederai Rasa Keadilan

Menhub juga menyatakan pihaknya akan mengupayakan tambahan anggaran APBN-P 2010 bagi pengadaan bus angkutan umum yang masuk prioritasFreddy meminta pemkab dan pemkot menjaga kontiunitas pelayanan sekaligus merawat bus bantuan itu.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suroyo Alimoeso, mengatakan, alokasi pengadaan bus 2010 setara dengan anggaran penggadaan bus angkutan umum dan pelajar pada 2009"Ini masih kurang untuk seluruh IndonesiaKalau pemerintah kabupaten belum dapat ya ngantri tahun berikutnya," tambahnya.

Dia menyatakan alokasi pengadaan bus dari APBN 2010 itu diprioritaskan untuk bus angkutan umum, pelajar dan mahasiswa dari pemda kabupaten yang telah masuk ke Kemenhub.

Bantuan bus itu, lanjutnya, bertujuan mengembangkan angkutan massal berbasis bus dengan sistem transitKemenhub mengharapkan, upaya meningkatkan kualitas pelayanan dalam pengembangan sistem transportasi perkotaan dapat terlaksana,".

Selain itu, anggaran tersebut juga untuk program pengembangan pendidikan dan pelatihan (diklat), pembangunan infrastruktur sarana prasarana transportasi, dan penambahan armada.(lev/gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tabungan Amiruddin Bukan Dana Bailout


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler