Pernah Hidup Susah, Andra Soni Janji Bakal Bikin Lapangan Kerja Luas di Banten

Senin, 21 Oktober 2024 – 18:53 WIB
Calon Gubernur Banten Andra Soni. Foto: Abdul Malik Fajar/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Cagub Banten Nomor urut dua Andra Soni berjanji menciptakan lapangan kerja yang luas di provinsi beribu kota Serang dengan menawarkan investasi bersifat padat karya bagi para pengusaha.

"Dalam rangka pemberdayaan masyarakat lokal terutama proyek strategis, maka kami mendorong untuk menyediakan lapangan kerja dengan padat karya," kata Andra Soni kepada awak media, Senin (21/10).

BACA JUGA: Ingin Mewujudkan Keadilan, Andra Soni Bikin Program Sekolah Gratis untuk Negeri & Swasta

Dia mengaku ingin menciptakan lapangan kerja yang luas di Banten karena pernah merasakan hidup dari keluarga susah.

Andra Soni kecil harus hidup berpindah-pindah kota, bahkan sampai keluar negeri bersama orang tuanya untuk bertahan hidup.

BACA JUGA: Menjelang Debat Perdana, Calon Gubernur Banten Andra Soni Dapat Sesuatu dari Ulama Sepuh

Menurut politikus Gerindra itu, keputusan menciptakan lapangan kerja agar warga Banten tidak merasakan hidup susah.

Andra Soni pun menyebut pemerintah Banten ke depan bakal memberikan keringan bagi pengusaha yang mempekerjakan warga lokal di perusahaan.

BACA JUGA: Andra Soni Janji Bikin Pemerintahan Banten Tanpa Korupsi dan Politik Dinasti

"Sebagai bentuk apresiasi, kami akan memberikan insentif kepada perusahaan yang memprioritaskan tenaga kerja lokal, termasuk potongan pajak atau dukungan administratif," katanya.

Dia juga berjanji bakal meningkatkan kualitas pendidikan warga Banten agar siap menghadapi tantangan dunia pekerjaan.

Andra Soni mengaku bakal meningkatkan kualitas pendidikan di semua jenjang prioritas utama, seperti vokasi dan keterampilan.

"Pendidikan vokasi, pelatihan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi terbaru harus diprioritaskan, untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten termasuk pondok pesantren," ujar dia.

Andra Soni mengatakan pengangguran di Banten masuk ke dalam visi dan misi bersama Cawagub Banten nomor urut dua Dimyati Natakusumah.

Menurutnya, pengangguran harus ditangani secara serius, terdapat kebutuhan mendesak untuk mengupayakan lapangan pekerjaan lebih luas lagi.

Banten harus memanfaatkan bonus demokrasi dan jalur penghubung Jawa-Sumatera untuk menciptakan lapangan pekerjaan, dengan masuknya investasi padat karya hingga pengembangan UMKM agar bisa mengakses modal hingga pangsa pasar.

"Dengan dibukanya Tol Serang-Panimbang, maka UMKM Banten Selatan lebih didorong kepada kegiatan produksi pangan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru," kata dia. (ast/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler