Pernah Tinggal di Jakarta, Senator AS Umumkan Donasi 1,5 Juta Vaksin Moderna untuk Indonesia

Selasa, 13 Juli 2021 – 22:20 WIB
Bantuan vaksin dari Amerika Serikat. Foto: Twitter/SecBlinken

jpnn.com, WASHINGTON DC - Anggota Senat Amerika Serikat (AS) Tammy Duckworth mengumumkan bahwa pemerintahan negerinya kembali mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin Moderna untuk Indonesia pada Jumat lalu (9/7).

Kiriman itu merupakan tambahan donasi 3 juta dosis vaksin dari pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

BACA JUGA: 3 Juta Dosis Vaksin Moderna Sumbangan Amerika Serikat Telah Tiba di Indonesia

Dengan demikian, total donasi vaksin dari AS untuk Indonesia mencapai 4,5 juta dosis.

”Saya senang sekali mengumumkan bahwa Amerika Serikat mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin Amerika untuk Indonesia yang tengah menghadapi peningkatan tajam kasus dan kematian akibat Covid,” ujar Duckworth dalam siaran pers Kedutaan Besar AS di Jakarta, Selasa (13/7) .

BACA JUGA: Joe Biden Mendadak Bicara soal Asal-usul COVID-19, Sepertinya China Harus Siap-Siap

BACA JUGA: Menlu Baru AS Batalkan Kebijakan Pro-Israel Warisan Donald Trump

Indonesia punya tempat tersendiri di benak Duckworth. Veteran perang yang kini menjadi politikus Partai Demokrat itu pernah tinggal di Jakarta.

Setelah melalui masa kecil di Indonesia, Duckworth bergabung dengan Komponen Cadangan Militer AS selama 23 tahun. Kini, dia duduk di Komite Angkatan Bersenjata Senat AS.

Senator Duckworth juga telah berbicara dengan Kuasa Usaha Ad Interim RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto pada pekan lalu. Pada pertemuan itu, kedua belah pihak membicarakan upaya berlanjut pemerintah AS untuk meningkatkan bantuan tanggap Covid-19 yang lebih luas lagi bagi Indonesia.

Bantuan dari AS untuk RI guna menghadapi pandemi ialah donasi lebih dari USD 14,5 juta dalam bentuk bantuan langsung tanggap Covid-19, termasuk USD 3,5 juta untuk membantu program vaksinasi masyarakat Indonesia secara cepat dan aman.

“Saya akan terus bekerja secara erat dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung masyarakat Indonesia dan memastikan bahwa mereka menerima dosis vaksin yang aman dan efektif, serta bantuan internasional yang mereka butuhkan untuk keluar dari pandemi yang mematikan ini,” katanya.(ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menkes Budi Tegaskan Vaksin Moderna untuk Rakyat dan Booster Bagi Tenaga Medis


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler