Pernyataan Tegas Wiranto soal Benny Wenda

Kamis, 05 September 2019 – 07:21 WIB
Wiranto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menkopolhukam Wiranto menegaskan jika Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP) Benny Wenda masuk ke Indonesia, maka akan ditangkap.

"Ini kan bagian dari kondisi nyata, tidak hanya di Indonesia. Negara-negara lain pun ada pihak tertentu yang selalu merecoki," katanya, saat konferensi pers situasi Papua, di Jakarta, Rabu (5/9).

BACA JUGA: Markus Ajak Warga Papua Lihat Kondisi Timor Leste setelah Pisah dari RI

Namun, kata dia, proses penindakannya tidak gampang ketika pihak yang merecoki itu sudah bukan warga negara Indonesia (WNI), dan sudah mendapatkan perlindungan dari negara lain.

"Tatkala mereka sudah bukan warga negara Indonesia, dan juga sudah ada perlindungan suaka dari negara-negara lain, prosesnya kan tidak sederhana itu," tuturnya.

BACA JUGA: Gandeng Interpol, Polda Jatim Buru Veronica Koman

"Kalau (Benny Wenda) masuk ke Indonesia, ya, saya tangkap. Nanti kita proses," tegasnya.

BACA JUGA: Markus Ajak Warga Papua Lihat Kondisi Timor Leste setelah Pisah dari RI

BACA JUGA: 92 Tentara Langit Diterjunkan ke Papua, Disaksikan Panglima

Akan tetapi, kata dia, ketika Benny melakukan kegiatan di luar negeri, tentu butuh tindakan sejalan dengan langkah-langkah diplomasi yang diatur perundang-undangan internasional.

Yang jelas, Wiranto menegaskan pemerintah tidak tinggal diam dengan tindakan Benny melalui provokasi-provokasinya dengan menyampaikan realitas sebenarnya yang terjadi di Papua.

"Kita tidak diam, selalu lakukan langkah-langkah untuk dapat mengantisipasi. Bahkan, intercept kegiatan itu (provokasi). Provokasinya enggak mempan," ucapnya.

Meski demikian, Wiranto mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyiapkan pertahanan yang kuat agar tidak mudah terpengaruh provokasi. (Zuhdiar Laeis/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wuiihh, Kanal Penyebar Hoaks tentang Papua Berasal dari 20 Negara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Papua   Benny Wenda   Wiranto  

Terpopuler